Pertama Kalinya Ada Oksigen yang Bisa Dihirup di Galaksi Lain

Daftar Isi

    LancangKuning.com-Oksigen sangat penting bagi kehidupan, karena tanpanya, kita bisa mati. Itulah kenapa, dalam pencarian planet baru selain Bumi yang bisa ditempati, ada atau tidaknya kandungan oksigen menjadi penentu utama.

    Nah, untuk pertama kalinya, di sebuah tempat yang sangat jauh di alam semesta, ada oksigen di sana. Ya, ditemukan oksigen yang bisa dihirup di galaksi lain di luar galaksi Bima Sakti yang kita tinggali. Artinya, mungkin ada kesempatan makhluk seperti di Bumi hidup di sana.

    para astronom menemukan oksigen molekuler. Ini adalah versi gas oksigen yang dihirup makhluk Bumi. Adalah galaksi bernama Markarian 231 yang menyimpan kandungan oksigen ini.

     

     

     

    Galaksi ini berlokasi sekitar 581 juta tahun cahaya dari galaksi Bima Sakti. Para astronom menemukan tempat ini menggunakan teleskop IRAM dengan panjang 30 meter di Spanyol dan interferometer NOEMA di Prancis.

    Rasanya memang manusia Bumi tidak akan segera menjelajahi semesta dan mengunjungi Markarian 231 dalam waktu dekat. Namun yang jelas, penemuan ini sangat penting karena oksigen adalah 'bahan' utama untuk kehidupan di Bumi.

    Selain itu, penemuan ini bisa membantu para ilmuwan untuk lebih memahami peran oksigen dalam evolusi semesta seperti planet, bintang, galaksi, kehidupan secara umum.

    Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa ada kandungan oksigen di bagian lain alam semesta ini. Peralatan jenis baru yang lebih canggih nantinya mungkin dapat melacaknya.

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pertama Kalinya Ada Oksigen yang Bisa Dihirup di Galaksi Lain
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar