Gempa 5,6 Magnitudo Guncang Seram Timur dan Fakfak

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi gempa

    LancangKuning.com, Jakarta -- Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Seram Timur dan Fakfak pada pukul 06.00 WIB pada Minggu (16/2). Guncangan gempa dirasakan cukup kuat di daerah Seram bagian timur, membuat warga terkejut dan berhamburan berlari keluar rumah.

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan episenter gempa terletak pada koordinat 3,37 LS dan 131,49 BT, tepatnya di laut pada jarak 97 km arah barat daya Kota Fakfak, Papua Barat, pada kedalaman 16 km.

    Baca Juga: Doa Mendapatkan Jodoh dan Dimudahkan Percintaan

    Getaran gempa juga terasa sampai Sorong. Warga terkejut dengan guncangan yang mencapai skala intensitas II-III MMI.

    Namun, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut.

    Baca Juga: Bila Tak Segera Diangkat Pemerintah Guru Honorer Akan Lakukan Aksi

    "Sesuai lokasi episenternya, sesar aktif Taminabuan Tengah diduga sebagai pemicu gempa ini. Sesar ini memiliki magnitudo (tertarget) 7,4, sehingga patut diwaspadai keberadaannya," tutur Kepala Badan Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono, dilansir CNN Indonesia.

    Ia melanjutkan hasil analisis menunjukkan gempa tersebut memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault). Artinya, gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Hingga pukul 07.16 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan aktivitas gempa susulan (after shock). Namun, gempa hari ini merupakan gempa kedua di zona aktif Seram, Maluku, pada Februari 2020.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Sebelumnya, gempa kuat dengan magnitudo 5,4 juga terjadi di Kobisonta, Seram Utara Timur Seti, Maluku, yang menimbulkan kerusakan bangunan rumah.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gempa 5,6 Magnitudo Guncang Seram Timur dan Fakfak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar