Beli Pesawat Tempur Sukhoi Su-35, Prabowo Bikin Amerika dan Australia Ketar-ketir

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan membeli 11 unit pesawat tempur Sukhoi Su-35. Ini terungkap dalam kunjungannya ke Moskow Rusia pada Selasa, 28 Januari lalu.

    Nilai beli pesawat tempur Sukhoi Su-35 ini adalah US$1,14 miliar atau setara Rp15,57 triliun. Dan ini akan menjadikan Amerika Serikat (AS) dan Australia ketar-ketir.

    Alasannya adalah, Sukhoi Su-35 dikirim ke Indonesia lantaran ada campur tangan AS. Mulai dari perkara imbal dagang, sampai ancaman sanksi. Sementara Australia memiliki jet tempur siluman asal AS, F-35 Lightning II.

    Prabowo menegaskan, jika Indonesia negara berdaulat dan keputusan ini tidak bisa diintervensi atau diancam negara lain. Pesawat temput Sukhoi Su-35 ini, masuk ke dalam 10 pesawat tempur terbaik dunia.

    Memiliki panjang sayap 15,3 meter, pesawat ini termasuk multifungsi. Dan dapat menjelajah langit dengan kecepatan melebihi kecepatan suara atau supersonik. Sementara pesawat tempur pesaing Eurofighter Typhoon ini, mampu terbang dengan kecepatan hingga 2.390 km/jam.

    Su-35 juga dilengkapi sistem kontrol radar baru, dengan antena array bertahap (Irbis-E). Dan mampu mendeteksi juga melacak hingga 30 target udara. Memiliki pertahanan kontinuitas pengamatan ruang, dan melibatkan hingga delapan sasaran.

    Pesawat ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis misil seperti R-27ER, E-27ET, R-73, Kh-29T, Kh-31P, Kh-59M, Kh-35U. Dan terakhir, pesawat ini juga dapat mengangkut berbagai jenis bom jatuh bebas.

    Sukhoi Su-35 merupakan pengembangan terbaru dari versi sebelumnya yaitu Su-27. Kalau soal kecanggihan dan kemampuan, jet tempur ini dapat disandingkan dengan pesawat tempur generasi keempat yang di antaranya terdiri dari Eurofighter Typhoon, Dassault Rafale, F-15C atau F/A -18E Super Hornet.

    Menhan Prabowo Subianto masih enggan menjelaskan secara detail, kapan kesepakatan pembelian Sukhoi itu akan disepakati. Dan kapan waktu pengirimannya ke Tanah Air. Namun yang pasti Su-35 merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

    Sumber : ikutrame.com
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Beli Pesawat Tempur Sukhoi Su-35, Prabowo Bikin Amerika dan Australia Ketar-ketir
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar