Kesamaan Pasar Tomohon dan Pasar Wuhan, Sama-sama Jual Hewan Liar untuk Dimakan

Daftar Isi

    Pasar Tomohon di Sulawesi Utara yang menjual hewan-hewan liar dijadikan kuliner ekstrim


    MANADO-Pasar Huanan di Wuhan, China dan Pasar Tomohon di Sulawesi Utara ternyata memiliki kesamaan di dalam menjual makanan-makan ekstrim, seperti ular, tikus, kelelawar, anjing, kucing, kus-kus bahkan monyet hitam asal Sulawesi.

    Sebagian ahli di China, meyakini virus korona muncul dari warga yang mengkonsumsi hewan-hwan liar yang dijual di Pasar Makanan Laut Huanan, Wuhan. 

    Berangkat dari kondisi ini, mengantisipasi munculnya virus korona, Dinas Kesehatan Kota Tomohon terus melakukan sosialisasi dan imbauan ke puskesmas-puskesmas dan rumah sakit.


    Imbauan itu menyebutkan bahwa pedagang dan pembeli di Pasar Tomohon harus menjaga kebersihan serta ikut mengawasi turis China yang datang.

    "Jadi kalau ada yang sakit secepatnya disampaikan," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tomohon dr. Maria Sugiarto, akhir pekan lalu

    Pengawasan juga dilakukan kepada para turis China yang datang ke Tomohon, meski sebelumnya sudah dideteksi di Bandara namun sosialisasi di hadapan banyak turis tetap dilakukan. Imbauan juga diberikan kepada pedagang yang menjual daging ekstrem.

    "Kepada pedagang kami juga memberikan imbauan apabila ada keluhan segera ke pos pelayanan kesehatan terdekat," kata dr. Maria.

    Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon sendiri juga sudah melakukan pengawasan terhadap virus tersebut dengan menugaskan kepala Pusat Kesehatan Hewan yang berkantor di samping Pasar Tomohon.

    "Banyak hewan diperdagangkan di pasar ekstrem itu berasal dari luar daerah Tomohon, bisa berasal dari Sulawesi Tengah, Tenggara ataupun Selatan dan Gorontalo," kata Kadis Perikanan dan Pertanian Tomohon Steven Waworuntu.(rie/okc)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kesamaan Pasar Tomohon dan Pasar Wuhan, Sama-sama Jual Hewan Liar untuk Dimakan
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar