Pelancong Meningkat Kunjungi Panorama Wisata di Inhu

Daftar Isi

    Wahana permainan playing Fox, terletak di Dusun Lemang, Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Indragiri Hulu

    INHU-Objek destinasi wisata di Kabupaten Indragiri Hulu menjadi andalan pemerintah daerah untuk mengenalkan kepada wisatawan. Upaya itu dimulai dari tingkat nasional hingga internasional. Hingga saat ini, Pemkab terus menjaga kelestarian alam yang asri, mulai dari pembenahan pembangunan dimasing-masing objek wisata.

    Hal ini dilakukan suatu bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi dari kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Secara bertahap promosi terus diupayakan. Mulai dari keindahan wisata alam, kebudayaan, sejarah pejuang Indragiri, hingga wisata religi lainnya yang tersebar di wilayah Inhu.

    Prestasi ini tak luput berkat arahan Bupati Inhu Yopi Arianto kepada bawahannya. Dibawah kepemimpinannya pembenahan objek destinasi wisata terus ada pembenahan. Hal ini telah membuahkan hasil yang signifikan dengan meningkatnya para wisatawan yang berkunjung ke objek-objek wisata untuk menikmati keindahan yang disajikan tersebut.

    Air terjun Tembulun berasap

    Safrizal, Plt Kadisporasata Inhu melalui Kabid Pariwisata Lishaizar mengatakan bahwa pengunjung yang berwisata pada tahun 2019 ini mencapai 56.836 orang. "Sedangkan pada tahun 2018 lalu hanya 14.000 wisatawan. Artinya bahwa dari data mengalami peningkatan pengunjung yang cukup tajam," ucapnya.

    "Keberhasilan ini tak luput dari perhatian Bupati Inhu yang begitu besar. Baik dari segi keindahan wisata alam, wisata budaya dan wisata religi serta wisata minat khusus yang terus meningkat," tambahnya.

    Seperti halnya dengan panorama wisata Danau Raja, yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Rengat. Objek itu paling banyak dikunjungi pengunjung pada tahun 2019 dengan total mencapai 38.278 orang.

    Air terjun sultan lembayang, terletak di zona inti Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Tepatnya di dusun datai, desa rantau Langsat

    Selanjutnya, panorama wisata Danau Menduyan yang terletak di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat dengan angka pengunjung sampai 7.640 wisatawan. Jumlah itu juga mengalami angka meningkat. Begitu juga dengan wisata Air terjun Tembulun Berasap di Kecamatan Batang Gansal, sebanyak 5.686 wisatawan tercatat mengunjungi objek tersebut.

    Dengan kultur alam yang bervariasi. Kabupaten Indragiri Hulu tidak hanya menyajikan panorama danau dan air terjun saja. Destinasi wisata alam terbuka seperti Caping Ground sangat banyak digemari pengunjung. Dimana, Caping Ground tercatat 1.621 pengunjung pada tahun 2019. Daerah objek wisata ini tepatnya di Kecamatan Batang Gansal, Indragiri Hulu.

    Wisata Alam Danau Raja yang terletak di Kelurahan Kampung Dagang, Kecamatan Rengat

    "Perhatian bupati inhu begitu besar terhadap wisata. Itu terbukti dengan dimasukannya kedalam Perda nomor 4 tahun 2018 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah kabupaten pada tahun 2017-2025," tambah Lishaizar.

    Kinerja pemerintah daerah mendapatkan apresiasi dari pengunjung wisata lokal maupun luar daerah karena pembangunan ke lokasi destinasi itu sudah ada pembenahan.

    Itu diungkapkan Wanto, salah satu pengunjung ditemui awak media di lokasi objek wisata Danau Raja yang sedang menikmati panorama wisata. Ia mengungkapkan bahwa pada saat diakhir pekan, dirinya bersama keluarga sering berkunjung di objek tersebut.

    Air terjun Tembulun berasap, Desa Pejangki, Kecamatan Batang Cenaku, Indragiri Hulu

    "Ngak perlu keluar daerah untuk melihat keindahan wisata bersama keluarga. Karena kemajuan destinasi Inhu bisa membuat kita terpukau dibandingkan wisata di daerah-daerah lain. Apalagi kalau ke daerah desa batang Gansal, di sana kita disuguhi permainan playing Fox dan tempat kemping ground yang cukup menarik," ujarnya. (Adv/dan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pelancong Meningkat Kunjungi Panorama Wisata di Inhu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar