HKN ke-55, Bupati Rokan Hulu: Wujudkan generasi sehat Indonesia dan Unggul

Daftar Isi

    Foto: Humas

    LancangKuning.com, ROKAN HULU - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu gelar upacara peringatan HKN ke- 55, di Halaman Kantor Bupati, Rabu (04/12/2019), dengan mengambil thema "Wujudkan Generasi Sehat, Indonesia Unggul" dengan mengambil #SehatMilikKita, Dan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Kabupaten Rokan Hulu.

    Upacara yang juga turut di ikuti oleh Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si serta Kepala OPD Rohul, Waka Polres Rohul Kompol Willy Kartamanah AKS SIP M.Si, Kejari Rokan Hulu Ferddy Daniel Simanjuntak SH M.Hum, Kakan Kemenag Rokan Hulu Syahrudin, Ketua PN Pasir Pengaraian Sunoto SH MH, Perwakilan Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian, Camat, Kepala Desa, para Insan Kesehatan dan serta tamu undangan lainnya.

    Bupati Rokan Hulu H. Sukiman saat  Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55, di Halaman Kantor Bupati Rohul, Pasir Pengaraian, mengatakan akan mendukung dan melaksanakan Program Pemerintah dibidang Kesehatan seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

    "Harapan kita, dari pelaksanaan program tersebut bisa membuka seluas-luasnya akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Negeri Seribu Suluk ini, sehingga terlaksana pelayanan kesehatan yang merata," kata H. Sukiman.

    Selain itu, H. Sukiman juga membacakan Pidato Menteri Kesehatan RI, bahwa dalam peringatan HKN tahun ini ada 2 isu kesehatan utama yang menjadi arahan Presiden untuk segera di tindak lanjuti, yang pertama Stunting dan ke dua Jaminan Kesehatan Nasional. Hal ini sangat penting, fokus arah pembangunan yaitu membangun sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas.

    Ditambahkan H. Sukiman, isu kesehatan lain yang juga harus diatasi yaitu pertama tingginya harga obat dan alat kesehatan, kedua masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

    Baca Juga: Usung Tema Nuansa Melayu, UNRI EXPO dapat Apresiasi dari Pimpinan Universitas

    "Ini akan menjadi fokus dan perhatian kita bersama agar dapat segera ditangani dan di rancang solusinya," jelas H. Sukiman dalam sambutan Menkes RI.

    Selain itu, H. Sukiman juga turut mengucapkan terima kasih, kepada insan kesehatan di Rokan Hulu, kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor Rokan Hulu dan seluruh masyarakat yang telah berjuang tanpa mengenal lelah dalam mensukseskan program kesehatan.

    Disebut H. Sukiman Terkait isu Stunting yang menjadi isu nasional, mengakui angka stunting di Rokan Hulu sudah turun, berkat Komitmen Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, yang dibantu Instansi terkait dalam melaksanakan program dan terobosan dalam menekankan angka stunting.

    Baca Juga: Aneka Kuliner Daerah di Festival Ruang Kita 2

    "Untuk itu, salah satu kunci dari pencegahan stunting di Rohul, kepada Diskes Rohul dan OPD terkait telah membuat program dan terobosan, seperti pemeriksaan berat badan dan tinggi badan anak dan memenuhi kebutuhan gizi dalam masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) di Desa-Desa yang terkena Stunting di Rohul," pungkas Bupati.

    Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hulu, dr Bambang Triono mengaku Dinas Kesehatan Rokan Hulu, dr Bambang Triono mengatakan dalam penanganan stunting, Dinas Kesehatan sudah melakukan kegiatan-kegiatan seperti pemberian tablet tambah darah pada anak sekolah tingkat SD dan SMP terutama untuk putri remaja putri.

    "Untuk ibu hamil dilakukan pemeriksaan pertama sampai ke 4, Kemudian untuk bayi balita kita lakukan imitasi, dan ini sebagai upaya untuk penanggulangan stunting di Rokan Hulu," beber dr. Bambang.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Bambang juga mengatakan terkait Gema Cermat yang di Deklarasikan oleh Bupati, sebagai tanda dan upaya, terutama di bidang farmasi dan obat-obatan, sebab selama ini masyarakat menggunakan obat itu tidak sesuai aturan dan masyarakat juga membeli bebas di pasar.

    "Kita harapkan Gema Cermat ini, agar obat yang dibeli masyarakat dan aturan mengkonsumsi obat itu harus melalui Apotek, jadi dengan begitu obat bisa dikontrol dan penggunaan obat bisa secara rasional digunakan," pungkas Bambang.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Kemudian, H. Sukiman di akhir acara memberikan penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan, kepada insan kesehatan yang berprestasi di Kabupaten Rokan Hulu, yaitu Dokter, Perawat, Apoteker, Kepala Desa dan Perusahaan yang peduli dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Rokan Hulu, termasuk memberikan bantuan Ambulance kepada klinik kesehatan di beberapa kecamatan yang berprestasi dibidang kesehatan. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel HKN ke-55, Bupati Rokan Hulu: Wujudkan generasi sehat Indonesia dan Unggul
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar