Mengerikan Prilaku Homo di Padang, 220 Orang Positif HIV

Daftar Isi

    PADANG-Prilaku suka sesama jenis, lelaki dengan lelaki atau homoseksual betul-betul mengancam Kota Padang, saat ini temuan Dinas Kesehatan Kota Padang, tercatat sebanyak 220 orang positif mengidap HIV.

    Kalau Bulan September lalu ada sebanyak 220 orang, kalau Bulan Oktober 243 orang, namun rinciannya untuk Oktober ini belum ada," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberatas Penyakit Dinas Kesehatan Kota Padang, Gentina, pada Senin (2/12) di Padang.

    Berdasarkan data September 2019 Dinkes Padang tersebut, dari 220 orang pengidap HIV positif itu lebih banyak laki-laki daripada perempuan.

    "Lelaki lebih banyak dengan angka 177, dan untuk perempuan 43 orang," terangnya.

    Diterangkan, laki-laki pengidap HIV itu cenderung berganti pasangan dan umumnya ditularkan melalui perilaku biseksual. "Sedangkan perempuan sering menjadi korban penularan dari laki-laki yang terinfeksi HIV," kata Gentina.

    Dari total penderita yang ada, tiga orang di antaranya merupakan anak di bawah umur lima tahun, dan dua orang lagi rentang usia lima sampai 14 tahun, dan sebanyak 50 orang penderita rentang usia 15 tahun sampai 24 tahun.

    Kemudian 153 orang penderita berada pada rentang usia mulai dari 25-49 tahun, dan 9 orang lagi berusia 59 tahun ke atas.

    "Kami melakukan penyaringan pada 23 Puskesmas dan hampir kebanyakan rumah sakit yang ada di Kota Padang," ungkap Gentina.

    Adapun faktor risiko paling banyak tertularnya HIV, dikarenakan perilaku homo seks antara lelaki dengan lelaki, yaitu sebanyak 64 orang.

    "Lalu ada 36 penderita yang diketahui HIV melalui penyakit TB, dan tertular pasangan resmi sebanyak 11 orang," tambahnya.

    Selain itu, diketahui juga pasien tertular HIV merupakan pelanggan PSK 10 orang, penghuni Lapas atau warga binaan 4 orang, ibu hamil 8 orang, dan penderita infeksi menular seksual sebanyak 69 orang.(rie/tpc)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengerikan Prilaku Homo di Padang, 220 Orang Positif HIV
    Sangat Suka

    5%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    11%

    Marah

    83%

    Komentar