makanan untuk penderita ginjal dan diabetes

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Dizaman sekarang ini  seiring dengan kemajuan zaman, pola kehidupan manusia semakin tidak sehat seperti banyaknya makanan siap saji dan makanan instan yang tidak baik bagi sendiri.

    Tetapi  banyak dari kita yang belum sadar atau tidak peduli dengan dampak dari makanan cepat saji atau instan yang sering kita makan dengan alasan tidak mau ribet apalagi Cuma dalam perihal makanan. Kebiasaan manusia sekarang pun banyak yang menyimpang dari pola hidup sehat sehingga penyakit mudah hinggap di tubuh nya.

    Dari kebiasaan buruk  itu pun bukan tidak mungkin penyakit seperti diabetes akan hinggap di tubuh manusia karena kebiasaan makan yang tidak sehat terus menerus, dan lebih fatal nya lagi dari penyakit diabetes ini akan mengganggu sistem kerja ginjal dan ginjal akan mengalami gangguan. Kenapa diabetes bisa mengganggu sistem kerja ginjal? itu dikarenakan adanya gangguan metabolisme yang menjadi sebab utama kinerja ginjal manusia akan terganggu. Tinggi nya kadar gula yang ada di dalam darah akan membuat ginjal bekerja lebih keras untuk membuang atau mengurangi kadar gula yang berlebih pada darah  menjadi urine.

    Baca juga : Usai Maulid Nabi, Bupati Wardan Menyalurkan RLH kepada Warga Tidak Mampu

    Jika kondisi tersebut terus terjadi, maka ginjal akan mengalami kerusakan, dan lambat laun ginjal akan kehilangan fungsi utama nya yaitu menyaring racun yang masuk ke dalam  tubuh, akibatnya elektrolit, racun, dan zat sisa di tubuh akan  menumpuk.

    Semakin buruk fungsi dari ginjal seorang manusia ,maka makin banyak racun yang  lolos ke dalam  tubuh, sehingga fungsi dari ginjal menurun dan tekanan darah menjadi naik tinggi. dan akan berakibat pada gagalnya fungsi ginjal.  Jika sudah terkena kedua penyakit diatas maka penderita nya harus mulai menjaga pola makan nya, dan berhenti makan sembarang. Berikut ini daftar makanan yang boleh di makan oleh penderita ginjal dan diabetes adalah:

    • Buah apel

    Buah apel baik untuk penderita ginjal karena rendahnya kandungan kalium di dalamnya yang cocok untuk ginjal. Serat yang terkandung didalamnya pun sangat baik untuk menurunkan kadar glukosa dan kolestrol di dalam darah. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah apel , kamu bisa memakan buah apel beserta kulitnya setelah di cuci dengan bersih.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Bawang

    Untuk mengantisipasi asupan garam pada makanan, kamu bisa menggunakan bawang untuk menggantikan bumbu masak tersebut. Bawang pun akan membuat cita rasa dari makanan akan  lebih nikmat dan yang lebih penting makanan menjadi lebih sehat. Cobalah memakai bawang bombai dan bawang putih ke dalam  masakan, karena kedua jenis bawang tersebut rendah kandungan fosfor dan kalium nya. Caranya sangat mudah kamu hanya perlu tumis bawang bersama menu makanan yang akan kamu masak.

    • Ikan atau kacang kacangan yang banyak mengandung zat omega 3

    Orang yang menderita diabetes dan ginjal juga sangat di anjurkan mengomsumsi ikan,terlebih lagi yang kaya akan kandungan lemak omega 3 nya. Contoh ikan yang kaya akan omega 3 seperti sarden, salmon, kakap, makarel, tuna, dan sarden. Zat omega 3 sangat bagus untuk memelihara fungsi ginjal. jika kamu tak suka dengan ikan, kamu bisa mengganti ikan dengan kacang kacangan yang mengandung zat omega 3 seperti kacang kenari.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Lobak, kol, dan paprika

    Ketiga jenis sayuran di atas memiliki kandungan kalium yang rendah, antioksidan, dan  juga  vit c yang baik untuk ginjal, serta dapat melindungi tubuh.

    Itulah beberapa makanan yang baik di konsumsi oleh orang yang menderita diabetes dan ginjal, selain itu kamu juga harus rutin minum air putih 8 gelas dalam satu hari. Jika di butuhkan, konsultasi dokter pun sangat membantu untuk memeriksa kesehatan ginjalmu (barnard).

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel makanan untuk penderita ginjal dan diabetes
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar