Baikan Mana Antara Green Tea (Teh Hijau) Dengan Matcha Untuk Kesehatan?

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di zaman yang serba ada seperti saat sekarang ini sudah banyak berbagai jenis produk kesehatan baik itu produk kesehatan wajah, tubuh, kulit dan lain sebagainya. Namun, tahukah sahabat semua bahwa dari berbagai macam produk tersebut ada yang mengandung bahan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita.

    Yang menjadi salah satu bahan dasar pembuatan produk kesehatan tersebut adalah green tea (teh hijau) dan matcha. Perlu sahabat sekalian ketahui bahwa green tea atau yang kerab disebut sebagai teh hijau ini berbeda dengan matcha ya, walaupun berasal dari negara yang sama yaitu china. Oleh sebab itu dimanakah letak perbedaan green tea dan matcha??.

    Green tea memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh kita karena green tea dipercaya dapat menurunkan berat badan, menjaga jantung agar senantiasa selalu sehat, dan menjaga kesehatan pembulu darah kita.

    Tumbuhan matcha sangatlah beda dengan tumbuhan teh pada umumnya dikarenakan semak-semak teh matcha dilindungi dari paparan cahaya matahari secara langsung ketika 20 sampai 30 hari akan dipanen. Hal itu akan menyebabkan peningkatan jumlah klorofil (sel yang memberi warna hijau pada daun) yang membuat daun lebih tua warnanya dari biasanya karena ada peningkatan asam amini dalam tanaman teh tersebut. Ketika hendak akan dipanen daun teh akan dipetik dan daun-daun tersebut kemudian dihaluskan hingga benar-benar halus dan bubuk ini biasa kita sebut sebagai ‘Matcha’.

    Baca juga : Kebakaran Hutan di Riau, Asisten Kebun PT Teso Indah Ditahan

    Oke itu tadi pembahasan mengenai perbedaan green tea dan matcha. Namun, manakah yang lebih baik untuk kesehatan antara green tea dan matcha??, berikut akan diuraikan secara mendetail.

    Ketika sudah dipasarkan menjadi sebuah produk minuman, maka akan terlihat manakah yang lebih baik untuk kesehatan tubuh ketika hendak dikonsumsi oleh manusia. Satu gelas standar yakni ukuran 237ml biasanya akan dibuat minuman matcha sebanyak 4 sendok bubuk matcha dan 4 sendok bubuk matcha tersebut mengandung sekitar 280mg kafein.

    Hal ini membuktikan bahwa 4 sendok bubuk matcha lebih banyak mengandung kafein jika dibandingkan dengan teh hijau pada umumnya yang hanya mengandung 35mg kafein. Woww, ternyata beda jauh ya dari perkiraan manusia pada umumnya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Selain hal itu, ternyata bubuk matcha juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan teh hijau pada umumnya. Segelas matcha mengandung antoksidan yang setara dengan antioksidan 3 gelas teh hijau. Antioksidan memiliki manfaat yang sangat besar yakni menangkal bahaya radikal bebas dan pastinya senantiasa akan melindungi kerusakan sel serta jaringan yang terdapat pada tubuh.

    Sahabat semua juga harus tau antioksidan apa yang terdapat pada matcha. Antioksidan yang terdapat pada matcha adalah “Katekin”. Katekin memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh kita loh, manfaatnya yaitu menjaga pembuluh darah agar senantiasa sehat, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta juga sangat berguna untuk melawan inflamasi tubuh.

    Tidak hanya matcha ternyata teh hijau juga sangat banyak loh manfaatnya. Apa saja ya yang manfaat teh hijau?. Teh hijau memiliki banyak manfaat yakni dapat menurunkan faktor penyakit jantung seperti kolestrol total, kolestrol LDL atau yang biasa disebut sebagai kolestrol jahat, penyakit trigliserida, serta gula darah.

    Jika kita ingin hidup sehat maka kita juga harus memperhatikan efek samping juga ketika hendak minum matcha atau teh hijau secara berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tidaklah baik jika dikonsumsi. Apa saja efek samping yang ditimbulkan dengan kita mengonsumsi matcha?. Efek sampingnya adalah matcha bisa saja mengandung kontaminasi yang berasal dari pestisida dari penanaman. Sebaiknya kita mengonsumsi matcha tidak lebih dari 2 gelas dalam satu hari.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jadi, dari pernyataan diatas dapat kita simpulkan bahwa matcha dan teh hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Tidak terlihat begitu jelas mana yang baik antara matcha dan green tea karena jika digabungkan dari pernyataan diatas terlihat begitu jelas bahwa teh hijau dan matcha saling melengkapi dari segi manfaatnya bagi manusia (Dani).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Baikan Mana Antara Green Tea (Teh Hijau) Dengan Matcha Untuk Kesehatan?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar