Cara menjaga mata agar tetap sehat dan jernih

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Seiring berjalannya waktu dan usia seluruh organ yang terdapat di tubuh makhluk hidup terutama panca indera makhluk hidup akan berhenti berfungsi jika kita tidak pandai dalam mengatur pola kehidupan. Banyak penyakit yang akan menyerang dimasa tua nanti baik yang diserang itu organ bagian dalam maupun panca indera.

    Mata adalah salah satu alat indera terhadap makhluk hidup yang memiliki pengaruh sangat besar dalam kehidupan. Tanpa mata, sistem kehidupan tidak akan berjalan dan kita tidak akan dapat menikmati keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

    Untuk itu perlu kita ketahui betapa pentingnya menjaga kesehatan mata agar tidak terkena penyakit seperti katarak dan penyakit lainnya. Bagaimana sih cara menjaga kesehatan mata?, berikut uraian mengenai tata cara menjaga kesehatan mata.

    Baca juga : Inggris VS Kosovo : Inggris Kokoh Dipuncak

    • Melakukan Pemeriksaan.

    Cobalah sahabat semua mendatangi dokter atau optometri untuk mengetahui apakah sahabat mengalami gangguan mata atau tidak. Lakukan pemeriksaan paling tidak 4 tahun sekali agar mata selalu terjaga kesehatannya. Perlu diingat ya sob, untuk selalu peduli dengan kesehatan mata kita. Kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi kan.

    • Melindungi Mata dari Paparan Matahari.

    Cahaya yang di pantulkan matahari yang secara langsung sangatlah berbahaya. Kulit saja akan terbakar apabila terjadi kontak secara langsung dengan matahari apalagi mata. Tidak hanya kulit yang membutuhkan perlindungan dari cahaya matahari mata juga perlu loh. Cobalah mengenakan kacamata UV400 agar terhindar dari Radiasi Matahari secara maksimal.

    • Memakan Makanan Yang Sehat

    Usahakan untuk memakan makanan yang mengandung Vitamin A. Tidak hanya Vitamin A, serta yang mengandung protein akan membantu menjaga kesehatan mata hingga masa tua yang akan mendatang nantinya.

    • Rutin Berolahraga

    Dengan berolahraga bisa menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun, dibalik hal tersebut berolahraga akan membantu dalam perawatan mata agar tampak sehat dan terhindar dari gangguan mata seperti katarak, rabun dekat maupun rabun jauh.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Stop Merokok.

    Merokok tidak hanya menjadi penyebab kanker paru-paru, namun juga akan mengganggu seluruh sistem yang ada di dalam tubuh terutama mata. Asap rokok itu akan menyebabkan perih pada mata. Rasa perih inilah yang nantinya akan menyebabkan gangguan pada mata seperti menyebabkan katarak hingga yang terparah mengalami kebutaan.

    • Cobalah Menjaga Berat Badan Agar Selalu Ideal

    Berat badan yang berlebihan akan menyebabkan diabetes tipe 2 yang berdampak burukhingga meningkatkan retinopati diabetes. Untuk itu perlu diingat agar kita dapat mengontrol pola makanan agar berat badan agar selalu ideal dan tidak berlebihan.

    • Perlunya Melakukan Pelatihan Mata

    Melakukan pelatihan mata akan dapat mengurangi resiko penyakit mata seperti mata tegang, mata mengalami kekeringan. Cobalah melakukan pelatihan mata secara teratur demi kesehatan mata kita.

    • Perbanyak Meminum Air Putih

    Banyak meminum air putih tidak hanya mengurangi resiko dehidrasi namun juga akan membantu menjaga perawatan sel normal pada mata. Jadi, kita harus banyak minum air putih agar hal-hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Mengurangi Penggunaan Handphone

    Dizaman yang serba ada seperti sekarang ini banyak generasi muda yang kurang pemahaman akan tatacara penggunaan teknologi dengan benar. Banyak generasi muda sekarang menggunakan handphone secara berlebihan sehingga berdampak buruk pada kesehatan tubuh terutama mata. Cahaya radiasi dari handphone akan merusak saraf pada mata, hal ini sangatlah buruk.

    Dengan berjalannya waktu mata akan mulai lelah dan berhenti berfungsi. Banyak saat ini berita mengenai penggunaan handphone dan teknologi lainnya secara berlebihan yang menyebabkan kebutaan pada seseorang.

    Untuk itu, kita harus bisa menjaga kesehatan mata kita dari usia belia jika kita masih ingin melihat dimasa tua nanti. Semoga cara-cara diatas bisa dijadikan pedoman agar kita senantiasa menjaga kesehatan mata. Sekian terimakasih (Dani).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara menjaga mata agar tetap sehat dan jernih
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar