Bisa Saring Undangan Grup, Fitur Terbaru dari WhatsApp dan Cara Menggunakannya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Aplikasi berbagi pesan populer saat ini, WhatsApp terus berbenah. Meski telah menjadi Aplikasi yang termasuk banyak digunakan, pihak WhatsApp tidak henti hentinya terus mengupdate fitur-fitur yang update. Terbaru WhatsApp meluncurkan Fitur khusus yaitu berupa penyaringan terhadap undangan grup.

    Hal ini telah di umumkan oleh pihak WhatsApp pada selasa waktu setempat. Untuk update fitur terbaru ini sekaligus tersedia untuk pengguna WA Betha. Fitur ini memberikan keleluasaan untuk pengguna agar bisa melakukan penyaringan terhadap munculnya undangan terhadap akun dari WA tersebut. Kemudian di fitur terbaru ini, pengguna juga lebih leluasa memfilter siapa saja teman chat yang bisa mengundang dirinya ke suatu grup. Jadi tidak semua teman chat dari akun tersebut bisa mengundang untuk bergabung dalam sebuah grup.

    Sebenarnya munculnya fitur ini adalah hasil dari respon dan kritikan pengguna terhadap fenomena akhir-akhir ini, maraknya akun WA mereka secara tiba-tiba telah bergabung dalam suatu grup yang bisa dikatakan tidak jelas. Serta proses masuknya ke grup tersebut tanpa sepengetahuan pengguna atau masuk secara otomatis.

    Baca juga : Bupati Ali Instruksikan Inspektorat Monitor Percepatan Penyerapan Anggaran

    Oleh karena itu di buatlah fitur ini untuk mengatasi keluhan pengguna. Karena masalah ini memang kecil tetapi efek nya luar biasa karena tidak adanya konfirmasi yang membuat pengguna bisa menerima atau menolak untuk bergabung.

     

    Fitur ini pertama kali diberitakan oleh WABetaInfo, akun pembocor fitur WhatsApp. Dilansir The Next Web, dengan adanya fitur itu WhatsApp berupaya untuk mencegah orang yang tidak dikenal menambahkan akun Anda ke grup tertentu.

    Namun, fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum bisa diakses oleh pengguna.

    Cara untuk mengaktifkan fitur ini:
    - Klik Pengaturan (Settings)
    - Pilih Akun (Accounts)
    - Lalu klik Privasi (Privacy)
    - Klik Grup (Groups).
    - Terdapat tiga pilihan opsi, Siapa saja (Everyone), Kontak saya (My Contact), dan Tidak seorang pun (Nobody). Namun belakangan pilihan Nobody diubah menjadi memilih pengecualian lewat menu "My contact except".

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Opsi "Everyone" (siapapun) membuat pengguna terbuka atas undangan grup dari siapapun. Sementara pilihan "My contact except" bisa membuat pengguna memilih tidak mau menerima undangan grup dari orang tertentu.

     

    Namun, pengguna juga bisa memilih agar undangan grup hanya bisa ditambahkan oleh orang tertentu yang ada di daftar kontak.

    Nantinya, hanya mereka yang ada di daftar kontak pengguna saja yang bisa memberikan undangan masuk grup. Undangan dari mereka yang ada diluar kontak pemilik akun akan diterima lewat pesan pribadi.

    Undangan yang dikirimkan oleh admin grup bisa akan berlaku selama 72 jam. Jika lewat dari tenggat waktu, maka undangan akan kadaluarsa seperti dikutip Indian Express.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau


    Pengguna juga tidak bisa diundang ke grup yang sama oleh dua orang dalam satu waktu yang bersamaan. Namun, link grup akan tetap dapat digunakan jika pengguna sendiri memiliki inisiatif untuk bergabung dengan grup.

    Fitur ini diyakini akan muncul untuk dua tipe aplikasi, yaitu Whatsapp Messenger dan Whatsapp Business. Fitur ini juga dipercaya bakal meluncur untuk WhatsApp di iOS dan Android (Zainal).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bisa Saring Undangan Grup, Fitur Terbaru dari WhatsApp dan Cara Menggunakannya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar