Mau Tau Kisi-Kisi Tes CPNS? Simak Penjelasannya!

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi

    LancangKuning.com, Jakarta - Pendaftaran CPNS akan dibuka mulai akhir Oktober 2019. Usai mendaftar pelamar akan melalui ujian seleksi CPNS.

    Dalam tes ini, pelamar akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Kisi-kisi ini bisa menjadi bekal buat yang mau daftar CPNS.

    Nah, apa saja ya kisi-kisinya?

    1. Begini Kisi-kisinya

    Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan menyatakan bahwa tes SKD CPNS 2019 tidak akan jauh berbeda seperti di tahun sebelumnya.

    Dia menyatakan 80% kemungkinan tes akan sama modelnya. Mulai dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

    Baca Juga: "Sejuta Koin Untuk Palestina"

    Selain itu, menurut Ridwan, akan ada soal tentang pencegahan radikalisme akan muncul dalam tes tahun ini. Soal ini tidak muncul dalam tes tahun lalu.

    "Mungkin nanti soal radikalisme masuk di sana, tahun lalu kan belum ada. Karena ini perlu, karena kan beberapa teman kami PNS ada yang terpapar radikalisme, mungkin itu bisa masuk," kata Ridwan, Sabtu (19/10/2019).

    2. Soal Ini Jadi Momok Buat Peserta Seleksi

    Ridwan juga mengingatkan bahwa tes TKP sempat bikin pusing para peserta seleksi CPNS di 2018. Oleh sebab itu Pendaftar diminta betul-betul mempersiapkan diri untuk soal tersebut.

    "Mungkin juga harus diperhatikan, pada tahun 2018 itu TKP soal karakteristik pribadi banyak yang bermasalah. Mungkin itu yang mesti dipersiapkan sebaik-baiknya, dua tes ini sangat tricky," kata Ridwan, dilansir detik.com

    Baca Juga: Vinales 'Selamatkan' Adik Rossi di Moto2 Jepang

    Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sendiri menguji kepekaan sosial budaya, pelayanan publik, kreativitas dan inovasi, profesionalisme, hingga jejaring kerja si calon PNS. Menurut Ridwan, tes ini isi soalnya banyak yang menjebak, bahkan tidak ada kata salah di tiap soal.

    "Ini tuh rentang nilai 1-5 nggak ada nilai salah, benar, lebih benar, dan paling benar, kayak tes psikologi," kata Ridwan.

    Ridwan mengatakan dalam mengerjakan tes ini, si pendaftar harus berpikir layaknya sudah menjadi PNS. "Prinsipnya adalah saat ngerjain itu kita harus punya mindset kita udah jadi PNS," ujarnya.

    3. Mau Ikut CPNS? Cicil Berkas Ini Dari Sekarang

    Ridwan menyatakan untuk ancang-ancang, para peserta seleksi CPNS bisa mencicil menyiapkan beberapa syarat dasar. Mulai dari foto pribadi sampai hasil scan transkrip nilai terakhir.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Untuk sementara, yang penting disiapkan foto diri dengan latar belakang merah, scan KTP serta Kartu Keluarga, lalu hasil scan ijazah terakhir, dan transkrip nilai terakhir. Sementara siapkan itu aja dulu," kata Ridwan.

    Berkaca dari gelaran seleksi tahun lalu, Ridwan juga menyebut masih ada beberapa kasus pemberkasan saat pendaftaran bermasalah. Ridwan mengatakan kasus terbanyak adalah tak terdaftarnya Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga pendaftar di Ditjen Dukcapil Kemendagri.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "60% itu karena NIK dan KK mereka nggak terdaftar di server Ditjen Dukcapil Kemendagri pusat. Jadi masalah, akhirnya terhambat, NIK dan KK itu jadi syarat utama untuk mendaftar di portal SSCN," kata Ridwan.

    Untuk itu Ridwan mengimbau kepada para calon pendaftar untuk melakukan validasi NIK dan KK langsung ke Ditjen Dukcapil Kemendagri. Dia mengatakan di website Kemendagri pun sudah ada beberapa jalur lapor online, ataupun pendaftar bisa juga langsung mendatangi kantor Ditjen Dukcapil.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mau Tau Kisi-Kisi Tes CPNS? Simak Penjelasannya!
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar