Terkait Karhutla, Lahan PT TPS Disegel Polisi

Daftar Isi

    Petugas Satgas Karhutla berjibaku padamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla)

    RENGAT-Setelah polisi menyegel PT SSS dan PT Adei Plantation terkait kebakaran hutan dan lahan, terbaru lahan PT Tugu Palma Sumatera (TPS) disegel Polres Indragiri Hulu. Luas lahan PT TPS yang terbakar mencapai 100 hektar.

    Dikatakan Humas Polres Indragiri Hulu, Aipda Misran lokasi kebakaran di lahan HGU PT TPS ini berada di Kecamatan Siberida. Kawasan yang terbakar ini sulit dilakukan pemadaman karena struktur tanahnya yang unik.

    "Kondisi tanahnya agak unik dibanding yang lain. Di atas permukaan kondisi tanahnya keras, tetapi setelah tanah di bawahnya gambut,. 100 Hektar yang kita segel ini adalah bagiam dari izin HGI PT TPS, "ujarnya Jumat (11/10/2019)

    Struktur tanah yang unik ini, dikatakan Misran membuat pemadaman di lahan ini sulit dilakukan pemadaman. Sebab, permukaan yang padat menyebabkan air hujan tak masuk ke dalam tanah gambut.

    "Jadi agak aneh kondisi tanahnya, sehingga walau hujan pun bara gambutnya sulit padam. Karena air hujanya tidak menembus hingga ke gambutnya," kata Misran.

    Namun dari hasil penyelidikan, ditambahkan Misean seperti yang dikutip dari detik.com, pihak perusahaan menyatakan bahwa lahan yang terbakar tersebut selama ini dikuasi masyarakat. 

    "Memang izin HGU-nya atas nama perusahaan. Hanya saja, lahan yang terbakar itu diklaim selama ini dikuasai masyarakat. Lahan yang terbakarpun merupakan tanaman sawit yang masih kecil dan tanamannya masih jarang-jarang," kata Misran.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Terkait Karhutla, Lahan PT TPS Disegel Polisi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar