Hari Koperasi Ke-69, Wardan Minta Peran UKM Harus Lebih Penting

Daftar Isi

    TEMBILAHAN, LancangKuning.Com - Peringatan hari koperasi ke-69 di Kabupaten Inhil dihadiri oleh Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI, Yuana Sutyowati serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Darius Husin, Senin (19/9/2016).

    Hadir juga pada acara yang dilaksanakan di Gedung Engku Kelana Tembilahan itu Anggota DPRD Riau, Agus Triansyah serta pejabat eselon di lingkungan Pemkab Inhil.

    Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan bazar dan pasar murah yang diresmikan langsung oleh Yuana Sutyowati.

    Usai pembukaan bazar dan pasar murah dilanjutkan dengan penandatangana MoU antara Pemkab Inhil dengan PT BRI yang lansung ditandatangani Bupati Inhil, HM Wardan dengan Kepala perwakilan BRI Tembilahan.

    Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada UMKM Kartu Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), penyerahan piagam penghargaan kepada Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) yang berprestasi tingkat Kabupaten Inhil dan penyerahan sertifikat Badan Hukum kepada koperasi dan penyerahan sertifikat atau Akta Agraria kepada UMKM.

    Dalam sambutannya, Bupati menjelaskan bahwa tema pelaksanaan peringatan hari koperasi Indonesia tahun ini, yaitu ''Reformasi Koperasi Mewujudkan Ekonomi Berdikari'' amat sesuai dengan spirit yang tengah dibangun di Inhil, Selasa (20/09/16). 

    Melalui semangat reformasi koperasi untuk ekonomi berdikari inilah, dikatakan HM Wardan nantinya, Pemkab Inhil berkomitmen untuk memberdayakan peran UKM untuk bangkit menjadi sektor bisnis yang kuat menghadapi gempuran globalisasi persaingan di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

    Bupati melanjutkan, sejak beberapa tahun terakhir, Inhil telah mulai mengupayakan kebangkitan sektor pariwisata berbasis sejarah budaya dan olahraga sebagai lokomotif baru perekonomian daerah di masa depan, untuk menopang sektor pertanian yang telah sejak lama menjadi andalan daerah.

    Hal tersebut, dikatakannya hanya akan terwujud apabila sektor UKM bidang ekonomi kreatif dapat diperkuat, melalui integrasi dan sinergi dengan unit-unit koperasi dan UMKM sebagai penopang kebangkitan masyarakat berdikari. 

    ''Melalui cita-cita yang akan kami kukuhkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah kami juga bercita-cita untuk menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Provinsi Riau bahkan di Pulau Sumatera ini, sehingga ekonomi kreatifnya bertumbuh menopang perekonomian masyarakat, dengan disokong peran koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa,'' tukas HM Wardan. (Ydi) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hari Koperasi Ke-69, Wardan Minta Peran UKM Harus Lebih Penting
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar