PHE Siak Survey Seismik 2D di Kepenghuluan Labuhan Papan Rohil

Daftar Isi

    Foto: Istimewa

    LancangKuning.com, ROHIL - Ratusan masyarakat berkumpul di kantor Penghulu Labuhan Papan, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau.

    Masyarakat pemilik lahan terkena lintasan survey mendengarkan sosialisasi kegiatan survey seismik 2D SKK Migas PT Pertamina Hulu Energi Siak (PT PHE Siak) di kantor Kepenghuluan Labuhan Papan Jalan Kalipah Ali, Senin (23/09/2019).

    Baca Juga: Tour De Siak Resmi Ditutup, Audiens Berikan Standing Aplause 11 Tim Riders

    Hadir saat itu Camat Tanah Putih Tanjung Melawan. Robi Kurniawan, S.SSTP,Msi, Plt Penghulu Labuhan Papan, Musrial dan forkopimda. Tampak hadir juga security officer dari Kementerian Pertahanan dan Keamanan RI, Kapten I Gede Indrayana, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kepenghuluan Labuhan Papan.

    Firman Amir, Unit Head Humas dalam kegiatan Survey Seismik 2D PT PHE Siak memaparkan tahapan survey dan perekaman yang akan dilakukan di wilayah kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.

    Baca Juga: 5 Wartawan 'Rebut' Kursi Ketua PWI Inhil

    "Tahapan yang sangat panjang membutuhkan peran serta masyarakat supaya usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan energi nasional bisa terpenuhi," tutur Firman.

    Dikatakannya, survey seismik dilakukan agar dapat menemukan cadangan-cadangan minyak bumi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    "Survey seismik itu melakukan foto terhadap lapisan bawah permukaan bumi untuk melihat seperti apa lapisan bumi di areal tempat dilakukan survey," tambahnya.

    Langkah awal survey dengan melakukan pengukuran topografi, kemudian melakukan pendataan kepemilikan lahan awal yang selanjutnya melakukan sosialisasi serta tindakan aksi ke lapangan. Dalam melakukan aksi kegiatan survey, kata Ia, PT PHE Siak melakukan pengeboran dangkal di sejumlah titik dan pembentangan kabel serta pemasangan alat sensor (alat menangkap getaran red) di sejumlah titik lintasan survey yang selanjutnya melakukan perekaman data lapisan bumi.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Setelah melakukan perekaman, PT PHE Siak akan melakukan pendataan akhir kepemilikan tanah masyarakat yang terkena lintasan survey. Pendataan ini dilakukan bersama pihak kepenghuluan yang dibantu oleh ketua RT setempat. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data secara detail agar tidak terjadi salah nama kepemilikan.

    "Setelah melakukan perekaman dilakukan pendataan akhir," terangnya.

    Sementara itu, camat Tanah Putih Tanjung Melawan, Robi Kurniawan ketika ditemui  usai sosialisasi menjelaskan bahwa masyarakat dikumpulkan guna mendengarkan kegiatan sosialisasi yang di paparkan oleh PT PHE Siak. Sosialisasi ini dilakukan agar penyampaian survey seismik 2D dapat diterima oleh masyarakat dengan baik.

    "Tadi kita dengan masyarakat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Sama- sama kita komitmen untuk mensukseskan pelaksanaan ini. Dimana pelaksanaan ini kurang lebih selama dua bulan," ujar camat Tanah Putih Tanjung Melawan ini.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Dalam kesempatan ini  Dia mengharapkan pada pihak PT PHE Siak dapat mengakomodir kondisi sosial kemasyarakatan. Lanjut Robi Kurniawan,survey yang dilakukan oleh PT PHE Siak pada wilayah di lima kepenghuluan dan satu kelurahan, kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, sehingga lintasan survey mengenai lahan kebun dan halaman rumah masyarakat.

    "Dari Labuhan Papan, Mesah, Batu Hampar, Melayu Tengah, Melayu Besar hingga Kelurahan Melayu Kota. Tetapi yang paling banyak itu (lintasan survey,red) di Kepenghuluan Labuhan Papan," katanya lagi.

    Camat mengharapkan kegiatan ini dapat mensejahterakan masyarakat dengan mengakomodir setiap kepentingan masyarakat.

    "Kita harap dapat mengakomodir aspirasi masyarakat. Kita juga berharap sukses dikemudian hari nanti, sehingga ada sumber ladang minyak baru di Rokan Hilir, khususnya di kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan. Tentu dengan adanya ladang minyak akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat," pungkas Robi Kurniawan. (LKC/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel PHE Siak Survey Seismik 2D di Kepenghuluan Labuhan Papan Rohil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar