Cara Cepat Menghafal Al Quran untuk Remaja

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebagian dari umat muslim sering menganggap jika menghafal Alqur’an dengan mudah dan cepat mungkin sangat sulit dilakukan. Alasan ini sangat sering di disampaikan oleh yang sudah berumur tua sehingga kemampuan mereka untuk mengingat yang semakin berkurang.

    Memang pada hal nya menghafal Alqur’an bukanlah suatu pekerjaan yang ringan, karena kita harus pandai juga dalam memanfaatkan waktu, jika kita tidak pandai dalam memanfaatkan waktu, maka bagaimanapun cara kita menghafal hanya akan berakhir menjadi keinginan belaka.

    Akan tetapi jika kita benar-benar meniatkannya dalam diri kita dan juga selalu berusaha pasti tidak ada yang tidak mungkin untuk kita jika ingin menghafal Ayat-ayat suci Alqur’an.

    Alqur’an merupakan kitab yang menyempurnakan segala kitab-kitab allah sebelumnya sebagai kabar yang sangat menggembirakan bagi seluruh umat manusia, karena dengan diturunkannya Alqur’an ini sebagai petunjuk yang sempurna bagi seluruh umat manusia seperti yang terdapat dalam firman Allah dalam Alqur’an: “Dia menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepada (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kita-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan injil. “(Q.S Ali Imran/3 :3). Alqur’an merupakan kitab suci yang diturunkan kepada nabi Muhammad S.A.W sebagai mukjijat dari Allah untuk seluruh alam. Banyak sekali dari sebagian besar umat muslim yang ingin menghafal Alqur’an dan berikut ini merupakan cara cepat untuk menghafal Alqur’an untuk remaja :

    1. Memurnikan niat Anda

    Sebelum kita ingin menghafal alangkah sangat pentingnya kita untuk memurnikan niat dalam diri kita, karena ini merupakan poin yang sangat penting dan juga yang terbaik, untuk melakukan nya secara tulus demi Allah. Dan selalu berharap untuk rahmat-Nya, memperoleh kesenangan-Nya dan juga mencapai jannah (surga).

    1. Mulai, sekarang

    Tidak menunda-nunda. Niat yang kita tanam sekarang ini tidak akan sama seperti sebulan mendatang, oleh karena itu selalu luangkan lah waktu untuk diri kita sendiri. Dan jangan pernah membuat alasan.

    1. Mendengarkan bacaan Al-Qur’an

    Hal ini mungkin sangat lah sulit, tapi Allah pastinya akan membuat itu menjadi mudah jika memang kita benar-benar niat, dan lepaskan semua lagu-lagu yang biasa anda dengarkan dan gantilah dengan mendengarkan bacaan Alqur’an.

    1. Menghafal Dari Satu Cetakan Mushaf

    Jika kita menghafal Al-Qur’an dari cetakan Alqur’an yang sama karena itu akan amat sangat berpengaruh dalam kecepatan diri kita dalam menghafal Alqur’an, karena dengan menggunakan satu cetak mushaf insyaallah hafalan akan lebih mudah cepat lengket dalam ingatan memori anda. Dan juga sangat tidak dianjurkan jika kita bergonta-ganti mushaf, karena nantinya itu sangat mempengaruhi dalam kecepatan kita menghafal, dan maupun kekuatan hafalan. Gunakan lah juga Alqur’an yang menurut anda lebih mudah saat di baca. Dan anda bisa menggunakan Alqur’an yang cetakannya mudah dibaca kemudian konsisten lah anda untuk selalu menggunakan mushaf tersebut, baik saat anda sedang menghafal maupun telah selesai menghafal.

    1. Baca berulang-ulang

    Karena tidak semua orang bisa dengan mudah untuk menghafal ayat-ayat Alqur’an jika malas untuk membaca nya dan mengulang-ulang bacaan atau ayat tersebut. Dan ketahuilah mereka yang sering mengulang-ulang bacaan nya maka mereka lah yang terkenal cepat hafalannya, karena dengan mengulang-ulang bacaan itu merupakan salah satu kuncinya. Karena semakin sering kita untuk mengulang bacaan ayat, maka akan lebih mudah ayat tersebut lengket di ingatan kita.

    1. Setor hafalan dihadpan Qori yang lebih mahir

    Jika kita telah banyak menghafal ayat-ayat Alqur’an, alangkah baik nya jika kita menyetorkan hafalan kita kepada orang yang bacaannya bagus dan juga faham dalam ilmu tajwid. Seperti misalnya saja guru tahfiz, imam masjid, dan juga guru ngaji di mana pun. Usahakan kita menyetorkan hafalan kita setiap satu kali setiap hari, agar kita lebih mudah dalam menyelesaikan hafalan kita, dan kita tidak perlu menunggu sampai satu lembar ataupun satu halaman untuk menyetorkan hafalan kita. Walaupun satu hari kita hanya bisa mengahafal satu ayat, maka setorkan lah ayat yang sudah kita hafal tersebut.(Doni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Cepat Menghafal Al Quran untuk Remaja
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar