Pengaruh IPTEK Terhadap Islam

Daftar Isi

    LancangKuning.com - IPTEK merupakan hal yang telah menjamah ke segala penjuru dunia. IPTEK juga telah mempengaruhi peradaban dengan ilmu tersebut. Apa itu IPTEK? IPTEK merupakan singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pengetahuan ini bersifat luas, mulai dari perkembangannya, pembaharuanya, serta manfaatnya. Nyatanya ilmu pengetahuan telah membuat peradaban semakin maju, dengan seiring teknologi yang telah dibangun semakin maju. Teknologi juga membutuhkan pengetahuan, maka dari itu ilmu pengetahuan tidak terpisahkan dengan teknologi. Dari suatu contoh teknologi sederhana yaitu katrol, katrol juga merupakan teknologi sederhana yang menggunakan pengetahuan tentang gaya gravitasi serta massa benda.

    IPTEK ini dapat member kita sebuah wawasan baru, diambilnya pengertian IPTEK, ini bermaksud tempat dari informasi. Informasi ini akan berkembang setiap saat dari waktu ke waktu. Ada banyak manfaat dari IPTEK ini, yaitu:

    • Membuat kita mudah bekerja

    Dalam hal kemudahan kerja, sudah dijelaskan dengan contoh katrol. Katrol bisa meningkatkan daya tarik kita, bahkan anak yang beratnya sekitar 65 kg bisa mengangkat beban hingga 1 ton, ini merupakan bukti nyata jika teknologi membuat kita untuk bekerja.

    • Menyederhanakan fungsi benda

    Teknologi bisa menyederhanakan suatu benda yang rumit, contohnya seperti rekayasa susunan bima sakti. Jika kita melihat langsung rekayasa tata surya, maka kita akan sulit memahami, tetapi itu akan disederhanakan melalui teknologi, yaitu dengan penjelasan melalui pancaran cahaya video atau bisa disebut proyektor.

    • Kehidupan akan lebih maju

    Dari masa ke masa, suatu zaman sering disebut - sebut dengan sebutan teknologi, seperti zaman batu, zaman besi, zaman merdeka, zaman millenial, bahkan zaman ini disebut dengan zaman kecerdasan buatan.

    Ada banyak pengaruh IPTEK terhadap suatu zaman. Seperti yang kita ketahui, pada zaman sekarang telah banyak menggunakan teknologi yang sangat canggih, bahkan terkadang orang akan senyum–senyum sendiri. Itu terbukti dengan adanya suatu teknologi yang bisa menghubungkan orang dengan jarak yang jauh, seperti telepon cerdas atau yang biasa disebut smartphone. Dalam hal ini juga mempengaruhi agama. Agama yang terbesar di Indonesia yaitu agama islam, bahkan Indonesia juga salah satu Negara dengan banyak jumlah orang yang beragama islam. IPTEK juga mempengaruhi agama islam. Ada dua pengaruh yang mempengaruhi agama islam, yaitu pengaruh negative dan pengaruh positif. Pengaruh positif ini bermaksud pengaruh yang baik terhadap agama islam serta pengaruh negative yang bermaksud pengaruh yang buruk bagi agama islam.

    Pengaruh Negatif

    • Mudahnya pengaksesan hal yang negative

    Di dunia yang sudah mudah mendapatkan banyak informasi, maka akan mudah pula untuk mengakses hal yang negative.

    • Pembuatan berita hoax dalam penyebaran agama islam

    Terkadang ada yang menyiarkan agama islam dengan isi yang tidak sesuai yang ada pada Al Qur’an. Itu akan membuat agama islam menjadi runtuh. Dengan mudahnya mengakses jalur komunikasi, maka penyebaran agama yang tidak sesuai dengan Al Qur’an akan mudah. Itu akan menjadi dampak yang buruk bagi agama islam.

    Pengaruh positif

    • Mudahnya mengakses hal yang baik

    Kemudahan akses ini jika digunakan dengan baik, maka akan mendapatkan hasil baik pula. Maka dari itu semakin mudahnya informasi didapat maka akan mudah pula kita belajar tentang islam.

    • Penyebaran agam islam

    Islam memang menyebarkan agama dengan baik, maka dalam zaman yang mudah di akses ini penyebaran islam pun akan menjadi mudah. Dengan syarat penyebarannya berdasarkan agama islam yang benar berdasarkan Al Qur’an.

    Semua pengaruh yang terjadi di dunia yang dipenuhi dengan teknologi sebenarnya tergantung si pemakai, jika baik yang di cari maka IPTEK akan berdampak baik, jika buruk maka akan berdampak buruk pula. (Bintang) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengaruh IPTEK Terhadap Islam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar