Permainan Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum saat pembacaan teks proklamasi pada tanggal 17 agustus 1945, terdapat sebuah peristiwa yang paling penting dan tidak boleh dilupakan. Peristiwa tersebut ialah merupakan perjuangan para pahlawan atau pejuang kemerdekaan untuk dapat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Yang diadakan pada tanggal 12 agustus 1945, yang dilewati maresekal Terauchi di Dalat, vietnam. Mengatakan sesuatu kepada Ir. Soekarno, Hatta dan Radjiman bahwa pemerintahan jepang akan memberikan kemerdekaan terhadap Indonesia.

    16 agustus 1945, gerakan tekanan dilatarbelakangi oleh para pengikut Sutan Syahrir yang sangat menginginkan pengambilalihan kekuasaan yang dimiliki oleh indonesia dari jepang makin sengit dan tak terkontrol. Dan pada saat itu mereka berkumpul di kediaman Hatta, dan pada saat malam hari di kediaman Soekarno. Dan ada sekitar 15 orang pemuda yang menolak soekarno memproklamasikan kemerdekaan melalui radio, dan lalu disusul dengan pengambilalihan kekuasaan. Dan kemudian mereka juga menolak atas rencana yang telah dirancang oleh PPKI untuk memproklamasikan kemerdekaan pada saat tanggal 16 agustus.

    Peristiwa Rengasdengklok

    Dan dari perdebatan dengan para-para tokoh pemuda, yakni termasuk Chairul Saleh yang bergerak dalam gerakan bawah tanah. Dan pada waktu dini hari tanggal 16 agustus 1945 mereka lalu menculik Soekarno dan Hatta di Rengasdengklok, dan kemudian itu dikenal sebagai suatu peristiwa Rengasdengklok. Dan dalam penculikan itu, bertujuan meyakinkan Soekarno bahwa jepang telah menyerah dan para pejuang sudah siap untuk perang melawan jepang.

    Pembacaan Naskah Teks Proklamasi

    Sesudah diyakini bahwa kondisi situasi memungkinkan untuk pembacaan teks proklamasi, dan maka Soekarno, Hatta dan seluruh anggota PPKI yang lain pada malam itu juga mengadakan rapat dan menyiapkan teks proklamasi. Rapat tersebut diselenggarakan di Kediaman Laksamana Maeda, dan Soerkarno bersama dengan tokoh-tokoh perjuangan yang lain menulis Naskah Proklamasi. Dan tulisan itu lalu diketik oleh Sayuti Melik. Dan tepat pada hari jum’at, tanggal 17 agustus 1945 pada pukul 10.00 pagi. Dan pembacaan naskah Teks Proklamasi lalu berlanjut dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih Hasil jahitan Fatmawati, yang menandakan Indonesia telah merdeka.

    Perayaan Kemerdekaan Indonesia

    Perayaan hari kemerdekaan negara republik indonesia yang bertepatan pada tanggal 17 agustus hanya menghitung hari saja. Momen besar seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk meramaikan kegiatan yang umum pada acara agustusan. Dan ada banyak jenis-jenis lomba yang bisa diperlombakan seperti panjat pinang, lomba kelereng, lomba memakan kerupuk hingga lomba lari menggunakan karung. Dan gak Cuma itu saja, masih banyak lagi permainan yang seru dan umum pada hari 17-an.

    • Panjat Pinang

    Panjang pinang menjadi lomba yang cukup sulit. Karena membutuhkan lebih dari empat orang untuk menyelesaikan lomba ini. Pohon pinang yang lurus lalu dilumuri oli tentu saja sangat licin, dan sehingga memerlukan banyak orang untuk saling bahu-membahu agar tercapai pada puncaknya.

    • Makan Kerupuk

    Lomba makan kerupuk sangat tidak aneh bagi warga indonesia. Dan sudah pasti sangat populer di daerah kamu setiap Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tiba. Peraturan lomba makan kerupuk mudah dipahami, tapi cukup sulit ketika dilakukan. Kerupuk yang telah digantung harus dimakan sampai habis tanpa menggunakan anggota tubuh yang lain, jadi hanya dengan menggunakan lidah dan mulut.

    • Gigit Sendok

    Lomba menggigit sendok dengan membawa kelereng tentu saja cukup sulit dilakukan. Walaupun dibilang sulit, tapi memiliki keseruan akan selalu ada untuk memeriahkan hari kemerdekaan 17 agustus. Cara main nya ialah dengan membawa kelereng menggunakan sendok yang digigit tidak boleh jatuh dan harus duluan mencapai garis finish.

    • Balap karung

    Lomba balap karung, ialah perlombaan yang paling seru dan membutuhkan teknik skil yang khusus agar kamu tidak mudah terjatuh dan bisa melompat dengan cepat, lalu menjadi pemenang.

    • Tarik tambang

    Lomba tarik tambang, permainan ini yang sudah populer ini tentu cukup banyak menguras tenaga. Permainan ini juga membutuhkan teknik dan tenaga yang sangat extra ini sangat banyak penggemarnya. Lomba yang saling tarik menarik antara dua kubu, dan apabila salah satu kubu melewati garis yang telah ditentukan, maka pemenang nya kubu yang bisa bertahan.

    Dan Masi banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan dalam perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus 1945. Biasanya setiap daerah memiliki permainan yang sama seperti pada contoh permainan diatas. Terimakasih semoga bermanfaat. (Ikhsan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Permainan Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar