Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Perlu Dipersiapkan Bagi New Mom

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Orangtua sangat bahagia akan kelahiran anaknya. Hal yang sangat diinginkan oleh banyak ibu yang akan melahirkan anaknya adalah melihat anaknya lahir dengan selamat. Bagi ibu yang baru, maka mempunyai banyak hal yang harus diperhatikan. Terutama untuk menjaga seorang bayi yang baru lahir. Akan sangat di sayangkan bila orangtua menjaga anaknya dengan setengah–setengah. Tapi, biasanya orang tua menjaga anaknya dengan sepenuh hati, bukan hanya biasanya tapi memang harus dilakukan penjagaan yang sangat maksimal. Anak adalah titipan yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa kepada orangtua, maka rawatlah dan jaga dengan segenap hati dan jiwa raga.

    Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menjaga bayi, tentang cara memandikannya, menyusuinya, serta agar bayi tidur dengan senang dan tidak rewel. Ada banyak perlengkapan yang digunakan untuk menjaga bayi agar tetap aman, dikelompokkan dengan kondisinya yaitu:

    Perlengkapan Mandi Bayi

    • Bak Mandi

    Ini wajib ada, karena bak mandi ini tempatnya si bayi untuk dimandikan.

    • Sabun dan Sampho

    Ini adalah hal yang membuat bayi terus wangi. Ini juga agar bayi terhindar dari segala virus dan bakteri. Sabun bertindak sebagai pembersih tubuh yang akan melindungi bayi dari virus, sedangkan sampo, agar bayi terasa wangi dan menghindarkan bayi dari kutu rambut. Pilihlahsabun dan sampo dengan kualitas kebersihan yang baik.

    • Handuk

    Handuk berguna untuk mengelap air yang ada di tubuh bayi. Handuk yang tepat yaitu handung yang bertekstur lembut. Jangan gunakan handuk yang bertekstur kasar, takutnya kan membuat kulit bayi menjadi infeksi. Setelah memakai handuk, simpan ditempat yang bisa digantungkan, atau di gantungan baju.

    • Minyak telon dank crim bayi

    Kegunaan dari minyak telon yaitu menghangatkan bayi serta menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk, sedangkan krim bayi atau baby cream digunakan untuk pelembab kulit bayi agar tidak kering.

    Pakaian Bayi

    • Popok

    Ini merupakan hal penting bagi bayi yang baru lahir, pasalnya bayi tidak bisa membuang air besar atau air kecil di toilet, maka dari itu popok membantu agar kotoran bayi tertampung. Popok ini digunakan agar jika bayi buang air besar atau air kecil pada waktu – waktu yang tidak pasti, maka popok dapat menampungnya.

    • Kaus Kaki dan Kaus Tangan

    Kuku pada bayi yang baru lahir relatif panjang. Maka ada kemungkinan bayi menggaruk mukanya sendiri, itu akan menjadi h=bahaya bagi bayi tersebut serta orangtuanya. Sebab jika bayi terluka maka bayi akan menangis sepanjang malam dan itu akan membuat keributan. Kaus kaki dan kaus tangan juga berguna agar tubuh bayi tertutup rapat dari angin jahat atau masuk angin. Niatnya untuk menghangatkan tubuh bayi.

    • Baju serta Celana Bayi

    Ini adalah kewajiban bagi seluruh bayi baru lahir. Baju bayi ini jika bisa jangan yang berupa kaus, pilihlah baju yang mempunyai kancing seperti baju kemeja. Karena akan membuat susah untuk memasangnya. Jika ada baju pastinya ada celana yang senantiasa bersama baju. Pilih baju dan celana yang berbahan hangat.

    Perlengkapan Tidur

    • Tempat Tidur Bayi

    Usahakan bayi tidur sendiri. Jangan bersama anda, ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko bayi tertindih. Jangan beri bayi boneka di tempat tidurnya, takutnya itu akan membuat bayi kesulitan bernafas.

    • Kasur Bayi

    Kasur bayi yang empuk bisa membuat tidur bayi nyaman. Letakkan kasur bayi ini di tempat tidur bayi. Pada saat memilih, usahakan untuk memilih kasur yang bertekstur lembut serta yang empuk.

    • Perlak Bayi

    Merupakan sebuah alas berbahan plastik, agar kausnya tidak terkena air ompol si bayi ( jika tidak menggunakan popok ). Gunakan perlak ini di atas kasur dan lapisi dengan seprai, agar lebih halus dan hangat.

    • Kain Bedong

    Kain ini biasanya hanya digunakan untuk selimut, tapi gunakanlah untuk membedong bayi. Jangan bedong dengan erat, agar tidak terbelit atau hal yang tidak diinginkan. Sekian Terimakasih  semoga bermanfaat. (Bintang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Perlu Dipersiapkan Bagi New Mom
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar