Cara Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Layu

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Saat membeli buket mawar indah dengan berbagai warna kelopak bunga tentu Anda akan merasa senang. Begitu juga saat Anda membawanya pulang dan meletakkan buket bunga dalam vas berisi air, tentu saja tetap merasa senang. Sampai mulai mendekati hari kedua dan seterusnya, mawar yang Anda tampilkan dalam vas mulai terlihat seindah yang pertama dibeli dan layu.

    Karena buket mawar adalah komposisi mawar hidup yang telah dipotong dari pohon, tentu saja Anda hanya dapat melihat dan berharap bunga tidak layu dengan cepat.

    Tetapi itu tidak berarti, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya tidak layu dengan cepat. Ada beberapa cara merawat mawar agar tidak layu sehingga mawar masih bisa menghiasi ruangan dalam beberapa hari mendatang.

    Berikut cara merawat bunga mawar kesayangan anda agar tidak cepat layu dan berakibat mati nanti, cara ini harus langsung di aplikasikan ke bunga mawar yang baru anda beli:

    1. Berikan air segera

    Jika Anda membeli atau menerima potongan bunga mawar dari seseorang, segera tempatkan bunga mawar dalam vas bunga dengan air. Tetapi jika Anda tidak memiliki atau kesulitan menemukan vas bunga, yang paling penting adalah dengan cepat memasukkan mawar ke dalam wadah dengan sedikit air.

    1. Gunakan air yang hangat ketika disiram

    Setelah vas yang akan digunakan dibersihkan, kemudian isi 3⁄4 penuh air hangat. Tujuan dari air hangat di sini adalah agar mawar yang dipotong lebih cepat menyerap air dan nutrisi. Apakah tidak diperbolehkan menggunakan air dingin? Tidak apa-apa, proses mekar sedikit lebih lambat daripada menggunakan air hangat.

    1. Gunakan Aspirin

    Menurut halaman Pop Sugar, beberapa orang percaya bahwa menambahkan aspirin ke dalam air yang akan digunakan untuk merendam batang mawar dapat membuat mawar bertahan lebih lama.

    1. Berikan nutrisi bunga

    Pastikan untuk menambahkan makanan bunga ke air sesuai dengan instruksi paket. Biasanya toko bunga telah memasukkannya ke dalam karangan bunga atau paket bunga potong. Nutrisi bunga mengandung tiga elemen utama yang bekerja bersama untuk memperpanjang umur bunga Anda Sumber makanan untuk pengembangan dan kelangsungan hidup bunga, memberi Zat tambahan untuk mengontrol pH air dan Biocide untuk membunuh bakteri berbahaya.

    Jika karena alasan tertentu Anda tidak dapat memiliki / membeli nutrisi untuk mawar potong, Anda dapat membuatnya sendiri! Tambahkan saja 3 sendok teh soda lemon-non-diet (sebagai sumber makanan dan pengasaman) dan 1 sendok teh pemutih (untuk membunuh bakteri) ke satu liter air hangat.

    1. Hindari memotong mawar dari sumber bakteri air

    Sebelum menempatkan bunga di dalam air, Anda harus membuang daun yang jatuh di bawah garis air. Daun di dalam air akan menyebabkan bakteri tumbuh, sehingga memperpendek umur vas bunga.

    1. Potong Batang Mawar Dengan Benar

    Jika mawar Anda disertai dengan botol air agar tetap terhindar, Anda harus membuang botolnya. Lalu, potong batang mawar. Idealnya, harus dipotong sekitar satu inci dari bagian bawah setiap batang, setelah batang dipotong, letakkan segera di vas bersih (ikuti langkah 1-4). Sebaiknya ketika memotong mawar dalam air, maka mawar cepat menyerap air, dan untuk menghindari terbentuknya gelembung udara pada batang. Pemotongan pada sudut bertujuan untuk memaksimalkan jumlah air yang dapat diserap oleh batang. Keduanya bermanfaat untuk mencegah tersumbatnya aliran air.

    1. Ulangi

    Ulangi langkah ini setiap tiga hari. Ambil bunga dari vas, bersihkan vas dengan air panas. Kemudian, isi kembali vas dengan air bersih, hangat, dan nutrisi bunga; Anda memotong satu inci di bawah air, dan meletakkannya kembali di vas. Periksa setiap hari, jangan biarkan mawar menjadi dehidrasi karena menyusutnya air yang menguap. Tambahkan air hangat sesuai kebutuhan.

    Ketika sudah melakukan cara/tips diatas pastikan anda mengulang-ulang tips nya, karena dengan memberi dan mengulangi perawatan pada bunga mawar, secara otomatis akan membuat bunga tersebut mekar dan sangat mempesona ketika dilihat.

    Semoga cara/tips ini bermanfaat bagi kita dan semoga bunga mawar kesayangan anda tidak layu lagi, serta memilki bunga yang mekar dan menyegarkan ketika dipandang. (Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Layu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar