Bahaya Daun Singkong

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Daun singkong Jenis sayuran yang sangat mudah di temukan di sekitaran rumah. Daun singkong ini termasuk salah satu sayuran hijau yang memiliki nutrisi yang tinggi dan banyak manfaat untuk tubuh manusia. Bukan hanya itu, daun singkong ternyata juga memilki kandungan serat yang tinggi yang membantu dalam melancarkan sistem pencernaan pada tubuh dan juga mampu menghindarkan kita dari sembelit. Daun singkong juga memilki protein yang mampu meningkatkan kecerdasan pada anak-anak. Namun daun singkong ini bila dikonsumsi secara berlebihan, daun singkong bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang bisa mengganggu aktifitas kamu sehari-hari, dan yang paling fatalnya daun singkong juga bisa menjadi penyebab kematian.

    Daun singkong sendiri banyak mengandung zat yang bisa bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi didalam daun singkong juga terdapat kandungan zat berbahaya bagi sebagian orang yang mempunyai riwayat Darah Tinggi, Asama Urat, dan juga penderita vertigo. Contohnya saja kandung senyawa lotaustralin dan linamarin yang sangat berpotensi menjadi racun sianida yang bisa membuat orang yang mengkonsumsi nya keracunan. Maka sejak saat ini ada baik nya jika anda ingin mengonsumsi daun singkong sewajarnya saja.

    Berikut merupakan bahaya dari daun singkong:

    1. Bisa menyebabkan Sakit Perut

    Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi daun singkong, daun singkong bisa membuat asam lambung, karena dapat menyebabkan dinding-dinding pada lambung mendapatkan tekanan dan luka yang disebabkan oleh senyawa yang terdapat pada daun singkong, karena daun singkong sendiri mempunyai sifat sianida yang dapat mengacaukan sistem dan kinerja pada jaringan perut sehingga akan dapat menyebabkan mual-mual, sakit pert dan juga disertai oleh muntah-muntah.

    1. Sakit Kepala

    Kandungan linamarin dan lotaustralian merupakan senyawa yang terdapat pada daun singkong yang bisa bertindak sebagai racun yang bisa menghambat kelancaran pendarahan darah yang ada disekitaran kepala yang dapat memicu ketegangan otot saraf kepal hingga yang dapat menyebabkan sakit kepala.

    1. Menghambat penyerapan nutrisi tubuh

    Daun singkong juga mempunyai sifat anti nutrisi seperti saponin asam fitat yang ada di dalam daun singkong yang dapat menghalangi sistem pencernaan pada tubuh serta penyerapan vitamin dan juga mineral, sebenarnya kandung tersebut tidaklah berbahaya untuk orang yang memilki tubuh bugar. Namun hal itu akan bisa berdampak buruk bagi orang-orang yang mempunyai gizi yang buruk.

    1. Dapat Meningkatkan Penyakit Asam Urat

    Pada daun singkong terdapat sebuah zat yaitu zat purin yang nantinya akan menjadi musuh bagi orang-orang yang mempunyai riwayat penderita asam urat. Apabila penderita asam urat berlebihan dalam mengonsumsi daun singkong dalam jumlah tinggi, maka akan menyebabkan kadar asam urat yang ada dalam tubuh akan menjadi naik. Biasanya akan berakibat dengan adanya ras nyeri serta peradangan di sekitar persendian.

    1. Gangguan Sesak Nafas

    Senyawa sianida yang terkandung dalam daun singkong akan sangat berpotensi pada penyempitan dan juga penyumbatan pada saluran pernafasan manusia yang akan berakibat dengan sesak nafas, dada dan tersa nyeri dan juga terasa seperti terhimpit oleh benda yang sangat berat.

    1. Mengakibatkan Keracunan

    Daun singkong yang mempunyai kandungan senyawa linamarin dan lotaustralian yang sangat berpotensi menjadi sebuah racun sianida yang dimana jika senyawa ini mengendap dan mengiritasi pad jaringan tubuh manusia, maka akan berdampak pada keracunan yang biasanya akan ditandai oleh muntah-muntah.

    1. Dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol

    Jika anda seseorang yang memliki kolesterol tinggi dalam darah anda, alangkah baiknya jika anda menghindari untuk mengkonsumsi daun singkong. Karena daun singkong sendiri bisa meningkatkan kadar kolesterol di khawatirkan nantinya bisa menimbulkan pemyumbatan pembuluh darah yang nantinya akan berdampak pada jantung. (Doni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bahaya Daun Singkong
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar