Cara Membuat Rendang Singkong

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Rendang adalah sebuah nama makanan khas yang berasal dari Minangkabau dan berada di  Provinsi Sumatera Barat. Randang, begitulah masyarakat menyebutnya. Terbuat dari campuran daging dan rempah-rempah pilihan khas daerah yang menyatu dalam sebuah wadah dan menghasilkan aroma dan rasa yang gurih dan enak.

    Pada saat ini rendang menjadi makanan yang populer di Indonesia dan bahkan sampai ke mancanegara, diantaranya negara-negara yang ada di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Brunei, Filipina, dan Singapura. Konon katanya, randang dapat kita jumpai di seluruh Rumah Makan Padang yang ada di dunia ini.

    Rendang pernah dinobatkan menjadi sebuah hidangan yang menempati peringkat pertama pada daftar lima puluh hidangan terlezat di dunia versi CNN International pada tahun 2011 silam. Dan di Indonesia sendiri, rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional di Indonesia pada tahun 2018 lalu.

    Rendang sendiri ada banyak jenis-jenisnya, diantaranya:

    1. Rendang Daging (randang dagiang) dengan bahan utamanya adalah daging sapi, daging kerbau, daging kambing, dan daging domba. Ini adalah jenis rendang yang banyak kita temukan di Rumah Makan Padang.
    2. Rendang Ayam (randang ayam) dengan bahan utamanya adalah daging ayam.
    3. Rendang Bebek (randang itiak) dengan bahan utamanya adalah daging bebek.
    4. Rendang Hati (randang ati) dengan bahan utamanya adalah hati daging sapi, kerbau, kambing, maupun ayam.
    5. Rendang Telur (randang talua) dengan bahan utamanya adalah dari telur ayam.
    6. Rendang Paru (randang paru) dengan bahan utamanya adalah paru-paru sapi khas payakumbuh.
    7. Rendang Ikan Tongkol (randang ikan tongkol) dengan bahan utamanya adalah daging ikan tongkol.
    8. Rendang Suir (randang runtiah) dengan bahan utamanya adalah daging ayam atau sapi yang serat dagingnya di urai atau disuir kecil-kecil.
    9. Rendang Kerang (randang lokan) dengan bahan utamanya adalah kerang, khas dari pesisir seperti pariaman dan lain-lain.
    10. Rendang Pensi (randang pensi) dengan bahan utamanya adalah kerang air tawar yang berukuran kecil. Ini adalah makanan khas Danau Maninjau.

    Lumayan banyak juga ya sob jenis-jenis rendang yang ada di Sumatera Barat ini. Sekarang bagaimana kalau kita kombinsikan rendang ini dengan ubi singkong, pasti menarik bukan. Baiklah disini saya akan memberikan sedikit resep atau cara memasak rendang singkong ala anak kos.

    Pertama-tama yang harus kita persiapkan adalah bahan-bahan masakannya, diantaranya:

    • Daging Segar                                  : 1 Kg
    • Ubi Singkong                                   : 1/2 Kg
    • Santan Murni                                   : 2 Kg
    • Bawang Merah                                : 1/4 Kg
    • Bawang Putih                                  : 10 siung/butir
    • Jahe yang sudah di hakuskan      : 2 ons
    • Santan Murni                                   : 1/4 Kg
    • Daun Salam                                     : 6 lembar
    • Daun Jeruk                                      : 6 lembar
    • Daun Kunyit                                     : 2 lembar

    Nah, itulah tadi beberapa bahan-bahan untuk kita memasak rendang daging ubi singkong. Sekarang kita mulai memasak rendang daging singkongnya

    • Pertama-tama kita cuci daging segar hingga bersih dan kalau bisa beri sedikit perasan jeruk nipis untuk mengurangi bau amis dan anyir daging. Untuk singkongnya juga kita cuci setelah dikupas kulitnya dan dipotong dadu lalu rendam dalam air kemudian tiriskan.
    • Kemudian kita tumis bahan-bahan atau rempah-rempahnya tadi (bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, daun kunyit, daun salam, dan daun jeruk) sampai tercium aroma harum rempahnya. Selanjutnya kita masukkan santan murni dan masak dengan api besar hingga mendidih.
    • Dan setelah kurang lebih 60 menit kita masak kuahnya, lalu kita masukkan daging segar dan aduk perlahan-lahan. Kurang lebih 30 menit kemudian, barulah kita masukkan ubi singkong yang dipotong dadu tadi. Lalu kita aduk-aduk dan menunggu kurang lebih 30 menit hingga matang, lalu matikan api kompornya, dan masakan sudah siap untuk dihidangkan.

    Itulah sedikit resep dan cara memasak rendang ubi singkong versi anak kos, selamat mencoba dan semoga bermanfaat...(Iqbal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membuat Rendang Singkong
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar