Kepala Daerah Kompak Tak Hadiri Hari Jadi Riau ke-62

Daftar Isi

     

    Foto: Logo Hari Jadi Riau

    LancangKuning.Com, PEKANBARU -
    Kepala Daerah se-Provinsi Riau kompak tidak menghadiri acara puncak perayaan Hari Jadi Provinsi Riau ke-62 pada 9 Agustus besok.

    Sebagai gantinya, para kepala daerah dari 12 kabupaten kota di Riau ini akan diwakili oleh Wakil Bupati dan Wali Kota masing-masing daerah.

    Atas ketidakhadiran, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar sudah memakluminya. Menurutnya, para kepala daerah sudah meminta izin dengan alasan karena memiliki acara masing-masing yang juga berkaitan dengan Hari Jadi Riau termasuk kegiatan lainnya.

    Baca Juga: IZI Riau Bantu Biaya Pengobatan Sumiati Penderita Tetanus

    "Biasanya hari jadi Riau dihadiri Bupati dan Wali Kota. Tahun ini kita rubah, Wakilnya yang di kantor Gubernur. Karena mereka juga mengadakan kegiatan yang biasanya diawali di upacara di daerahnya masing-masing," kata Gubri, Rabu (7/8/19) sore.

    Acara serimonial berjalan seperti biasa. Dimana Gubri peserta Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Afrizal Natar Nasution didampingi pejabat dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) termasuk para wakil Bupati dan Wali Kota akan menggelar ramah tamah dengan Purnawirawan TNI Polri, Wiradatama, Veteran serta sidang istimewa di DPRD Riau.

    Kemudian disebutkan juga perbedaan perayaan hari jadi Riau tahun ini, orang nomor satu di Riau ini akan mengenakan pakaian kebesaran adat Datuk Setia Amanah Masyarakat Riau termasuk Wagubri sebagai Datuk Seri Timbalan Setia Amanah.

    Pakaian kebesaran adat itu dipakai sebagai bentuk penghormatan atas gelar yang telah diberikan kepada mereka berdua, oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau beberapa waktu dulu.

    "Nanti pada waktu upacara, kami berpakaian lengkap sebagai Datuk Seri Setia Amanah. Pakaian yang telah diberikan kepada kami sewaktu diberi gelar adat ini, kalau tidak kami pakai, kapan lagi akan kami pakai? Tentu waktu momen upacara hari jadi seperti ini bisa kita pakai," ujar Gubri, mengutip mediacenterriau.

    Adapun tema yang diangkat pada hari jadi Riau tahun ini yakni, Riau Hijau dan Bermartabat. Semua persiapan tekhnis kegiatan juga sudah dilakukan dengan maksimal termasuk mendirikan panggung utama pada puncak acara yang digelar besok tersebut.

    Baca Juga: Putra Dumai Riau Diprediksi Masuk Mentri Kabinet Baru Jokowi

    "Kami sengaja memilih tema Riau Hijau dan Bermartabat' dengan tujuan untuk mengetuk hati semua masyarakat Riau supaya memiliki kepedulian terhadap pembangunan berwawasan lingkungan. Berbagai macam kejadian kebakaran hutan dan lahan, adanya harga karet dan sawit rendah di Riau selalu dikaitkan ekonomi global yang sekarang menyoroti isu lingkungan. Makanya kita juga harus mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan itu," papar Gubri. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kepala Daerah Kompak Tak Hadiri Hari Jadi Riau ke-62
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar