Cara Meningkatkan Peforma Komputer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Komputer dan laptop saat in merupakan kebutuhan yang paling sanagat penting di jaman serba modern ini, dua perangkat ini bisa membantu kalian untuk mempermudah kan dalam dalam melakukan aktifitas sehari-hari terutama dalam pekerjaan input data. Setiap manusia berbeda-beda dalam kebutuhan untuk pengoperasian komputer, hal itu dipengaruhi dari pekerjaan, sosial media, atau hanya untuk bermain game. Namun Komputer atau laptop yang kita gunakan juga dapat dengan mudah mengalami hang saat hendak kita gunakan.

    Hal tersebut pastinya akan membuat kita sangat kesal, disaat kita ingin megerjakan sesuatu tugas sekolah misalnya, namun kinerja komputer dan laptop ynag kita gunakan sangat lah lemot, pasti kita akan merasa sangat kesal jika hal itu terjadi pada kita, ternyata untuk mengatasi komputer dan laptop kita yang lemot itu sangat lah mudah, kita hanya perlu melakukan perawatan secara rutin dan juga melakukan beberapa hal.

    Berikut hal-hal apa saja yang harus kita lakukan untuk melakukan perwatan pada komputer dan laptop kita agar tidak mengalami lemot saat di gunakan:

    Cara Mempercepat Kinerja Laptop / Komputer

    1. Memperbesar RAM

    Saat kita melakukan tugas ganda pada laptop atau komputer kita yang hanya memilki RAM kecil, tentunya hal tersebut akan membuat kinerja laptop/komputer kita menjadi sangat lemot. Dan dengan menambah kapasitas RAM dari laptop/komputer menjadi lebih besar merupakan pilihan yang tepat untuk memperbaiki kinerja dari laptop/komputer kita.

    Kita juga harus memperhatikan harddisk yang ada di laptop/komputer kita. Jika penyimpanan dari harddisk kita sudah hampir penuh alangkah baiknya kita juga memperbesar harddisk kita dan jika kita ingin menambah penyimpanan nya lagi, maka tidak ada salah nya jika kita membeli SSD untuk meningkatkan performa pada laptop atau komputer kita.

    1. Melakukan Disk Cleanup Secara Berkala

    Jika kita selalu melakukan Disk Celanup secara berkala di setiap drive yang ada pada laptop/komputer kita, maka bisa menghilangkan/menghapus file-file sampah yang ada di komputer kita. Berikut cara untuk melakukan Disk Cleanup: (Klik File Explorer - Pilih Drive, misal Local Disk (C:) - Klik Properties - Klik Disk Cleanup)

    1. Defrag Hardisk

    Melakukan Defrag Hardisk secara berkala merupakan cara untuk menambah performa pada laptop/komputer kita agar tidak lemot, karna dengan melakukan Defrag Hardisk kita bisa mengosongkan ruang-ruang penympanan pada laptop/komputer kita.

    1. Menguninstal Program yang Tidak Dipakai

    Jika di laptop/komputer kita ter-install banyak software yang tidak penting, hal itu juga sangat berpengaruh pada kinerja dari laptop/komputer kita yang aka membuat kinerja hardware semakin lelet, karena nanti akan banyak penumpukan file pada ruang harddisk laptop/komputer kita.

    1. Mengatur partisipasi penyimpanan system

    Untuk mempercepat performa program pada laptop kita, Kita juga harus melakukan pemisahan file secara benar dan tepat, dengan membuat ruang penyimpanan khusus untuk file-file penting Sistem Operasi(OS) dengan data khusus, Kita juga bisa mengahapus file-file sampah yang sudah tidak terpakai lagi.

    1. Gunakan Performance Monitor

    Sekarang ini windows 10 telah memiliki tool untuk memantau kinerja pada sebuah laptop secara real-time yang biasa di sebut “Performance Monitor”. Pada tool ini akan menampilkan sebuah rincian dari sistem dan daya dari perangkat keras.Berikut cara melakukannya:

    • Klik pada start menu, dan ketikan “Performance Monitor”
    • Setelah itu klik pada opsi “Reports > System > System Diagnostics.​​
    1. Menginstall Antivirus 

    Alangkah baik nya untuk kita menginstall antivirus pada laptop kita, dan install antivirus yang tepat agar performance dari laptop kita bisa meningkat, jangan sampai kita menginstall antivirus yang nanti nya membuat laptop kita semakin lemot. Karna antivirus bisa membantu dalam mengatasi virus yang ada dalam laptop kita dan juga mengecek file-file sampah agar nantinya performance laptop kita menjadi ringan. (Doni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Meningkatkan Peforma Komputer
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar