Sosialisasi Adat Istiadat Melayu Desa Kuala Tolam

Daftar Isi

    Foto: Istimewa

    LancangKuning.Com, PELALAWAN -  Dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat desa Kuala Tolam tentang bagaimana adat istiadat melayu yang ada di Kabupaten Pelalawan agar generasi penerus tidak hilang adat dan budaya yang sudah turun temurun di lakukan, (Senin 5/8/2019).

    Rupardi selaku kepala desa kuala tolam secara resmi membuka penyuluhan tersebut di balai desa pada pukul 09.00 WIB.

    Acara tersebut mendatang H. Tengku Nahar selaku narasumber ataupun pemateri, beliau menjelaskan sejarah adat melayu secara turun temurun.
    Bagaimana tatacara pernikahan yang sesuai dengan adat melayu yang sudah turun temurun menjadi fokus penyuluhan tersebut, dimana zaman sekarang sudah banyak yang tertinggal dari yang sudah diwariskan sejak zaman dulu.

    “Tolam ini merupakan contoh desa adat untuk di kecamatan Pelalawan bahkan untuk provinsi Riau, karena Tolam ini desa yang berdiri lebih dari 500 tahun yang lalu jadi sudah layak menjadi contoh. Kecintaan generasi muda terhadap adat yang ingin di kembalikan lagi, dengan cara memberi contoh tidak cukup hanya dengan penyuluhan,” tutur harapan H.
    Tengku Nahar selaku narasumber.
    Sebelum berakhirnya acara sosialisasi narasumber mempersilahkan bagi peserta yang hadir untuk bertanya tentang adat istiadat yang sudah mulai terlupakan.

    Acara yang di hadiri beberapa tokoh seperti kepala desa, sekretaris desa, ketua BPD, ketua adat, serta tokoh-tokoh masyarakat desa kuala tolam berlangsung dengan banyak pertanyaan dari peserta, hingga pukul 12.10 WIB berakhir pula acara tersebut.

    Rupardi selaku Kepala Desa Kuala Tolam menyebutkan “Harapan dengan di adakannya penyuluhan tersebut agar masyarakat lebih mencintai budaya yang sudah diwariskan oleh nenek moyang kita khususnya di kalangan anak muda, yang mana sekarang ini sudah banyak budaya yang mulai tertinggal,” tutupnya. (LKC/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sosialisasi Adat Istiadat Melayu Desa Kuala Tolam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar