Mahasiswa Kukerta Unri 2019 di Desa Teratak Buluh Ajarkan Pembuatan Nugget dari Ikan

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Ikan merupakan salah satu potensi alam yang dimiliki oleh daerah Kampar termasuk Desa Teratak Buluh yang berada di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

    Desa yang dilintasi oleh sungai kampar ini menghasilkan ikan yang cukup banyak sehingga menjadikan ikan sebagai salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat Desa Teratak Buluh.

    Kelompok Tani Sari Indah adalah perkumpulan yang dibentuk oleh masyarakat Desa Teratak Buluh untuk memberdayakan serta memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Desa Teratak Buluh.

    Kelompok yang baru berdiri ini sangat gencar dan semangat dalam mengelola hasil alam disekitar.

    Ikan yang melimpah disepanjang sungai Kampar sangat disayangkan jika tidak diolah menjadi produk yang bernilai jual tinggi, tentunya hal ini dapat meningkatkan taraf perkonomian masyarakat setempat apabila mampu dikembangkan oleh masyarakat.

    Tingginya protein dan gizi yang dimiliki oleh ikan sangat baik untuk kesehatan. Namun, rendahnya minat ataupun kurangnya pengetahuan tentang pengolahan ikan membuat kurangnya minat masyarakat terhadap ikan.

    Melalui sentuhan inovasi, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau bekerjasama dengan Kelompok Tani Sari Indah mengajarkan kelompok tani tersebut untuk pembuatan Desa Teratak Buluh mengolah ikan sebagai makanan yang sehat dan lezat, yaitu pembuatan nugget dari ikan.

    “Harapan kedepannya Kelompok Tani Sari Indah dapat mengembangkan potensi yang ada di Desa Teratak Buluh sehingga nantinya akan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat setempat," sebut Koordinator Desa Kukerta Unri, Muhammad Rinaldi, Senin (5/8/2019).

    Dengan mengolah ikan menjadi nugget tentu akan membuat anak-anak lebih menyukai ikan serta lebih mudah dalam mengkonsumsinya karena telah terpisah dari tulang.

    "Nugget ini kan makanan lezat yang disukai oleh anak-anak," kata Ria Faradilla, salah satu mahasiswi Kukerta Universitas Riau saat berbincang dengan Lancangkuning.com.

    Sementara itu Ketua Kelompok Tani Sari Indah Ibu Ema mengatakan bahwa dengan diadakannya kegiatan pembuatan nugget dari ikan ini dapat menambah variasi masakan.

    "Ya bisa dapat penghasilan khususnya bagi ibu-ibu disini," ujarnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mahasiswa Kukerta Unri 2019 di Desa Teratak Buluh Ajarkan Pembuatan Nugget dari Ikan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar