Batik Melayu, Seni Tekstil Dari Melayu

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Batik merupakan bahan yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, bahkan batik juga sudah menjangkau belahan bumi mana saja. Tak terkecuali batik di daerah Melayu yang juga sudah menjadi pakaian khas dan sangat diminati.

    Batik berasal dari kata Jawa yaitu kata “amba” yang artinya menulis, dan “nitik” yang berarti membuat titik. Batik tidak hanya kain yang mempunyai corak namun batik juga sudah menjadi pakaian, baju, tas dan sebagainya. Dengan corak batik yang khas, memikat para peminat batik nasional untuk terus menggunakan dan mengoleksi berbagai macam motif batik.

    Batik terdapat dalam perbagai bentuk, diantaranya, batik tulis, batik skrin, batik celup dan batik terap. Teknik batik sudah diketahui lebih seribu tahun yang lalu dan kemungkinan berasal dari Mesir Kuno dan Sumeria.

    {{}}

    Batik telah menjadi sebagian budaya dunia terutama di daerah Melayu. Batik sudah menjadi baju khas. Batik melayu adalah batik dengan seni tekstil dari melayu. Motif batik khas Melayu pun terkesan cantik dan menarik, terutama di Pantai Timur Melayu motif yang paling popular adalah daun dan bunga. Batik Melayu juga terkenal dengan desain geometris seperti spiral.

    Baik corak batik yang diterapkan pada batik Melayu juga berbeda dengan batik Jawa dan batik lainnya. Metode pembuatan batik Melayu juga cukup berbeda dengn batik Jawa. Batik Melayu sangat bergantung pada metode lukisan kuas untuk warnanya. Warna batik Melayu juga lebih ringan dan bersemangat dari batik Jawa.

    Diantara batik Melayu ialah batik Kalimantan, batik Jambi, batik Riau, Batik Batam, dan daerah Melayu lainnya. Batik juga sudah diproduksi menjadi berbagai macam produksi seperti kebaya batik melayu, gamis batik, kemeja batik, rok batik, mukena batik, tas batik, sepatu batik dan berbagai model baju batik melayu lainnya. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Batik Melayu, Seni Tekstil Dari Melayu
    Sangat Suka

    42%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    28%

    Tidak Peduli

    14%

    Marah

    14%

    Komentar