Penyakit Rusa 'Zombie' Menyebar di A.S. Dan Dapat Menginfeksi Manusia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pusat Pengendalian Penyakit (Centre for Disease Control) telah mengeluarkan peringatan tentang penyakit mematikan (Wasting Kronis) yang menyebar di seluruh Amerika Serikat.

    Penyakit Wasting Kronis (Chronis Wasting Disease) yang juga dikenal sebagai (“zombie deer disease/ penyakit rusa zombie),' merupakan penyakit yang menginfeksi otak, tulang belakang, dan jaringan rusa.

    Penyakit kronis wasting (CWD) adalah penyakit prion yang mempengaruhi rusa, elk, rusa kutub, rusa sika dan rusa besar. Telah ditemukan di beberapa daerah di Amerika Utara, termasuk Kanada dan Amerika Serikat, Norwegia dan Korea Selatan.

    Menurut CDC penyakit mematikan dimulai dengan menginfeksi otak dan melewati kontak dengan cairan dan jaringan tubuh yang terkontaminasi . 

    CDC juga mengungkapkan bahwa Gejalanya yang terlihat dari penyakit ini meliputi penurunan berat badan secara drastis, kehilangan rasa takut kepada manusia, agresif, lesu, haus, dan air liur yang berlebihan serta gejala neurologis lainnya. 

    Mungkin membutuhkan waktu lebih dari setahun Sebelum hewan yang terinfeksi mengalami gejala tersebut. selain itu, CWD ini bisa menyerang hewan dari segala usia bahkan beberap hewan yang terinfeksi bisa mati tanpa mengalami sakit sebelumnya.

    Tidak ada perawatan atau vaksin untuk CWD, dan penyakit ini bisa  berakibat fatal dan belum ada laporan kasus CWD menginfeksi pada manusia.

    Pada sebuah penelitan pada hewan menunjukkan bahwa CWD berisiko terhadap beberapa jenis primata non-manusia, seperti monyet yang terserang karena memakan daging hewan yang terinfeksi CWD atau bersentuhan dengan otak atau cairan tubuh dari rusa yang terinfeksi.

    CDC terus memperingkatkan tentang adanya potensi CWD yang bisa menginfeksi manusia denganmemperingatkan publik untuk menguji daging rusa sebelum memakannya untuk menghindari kemungkinan adanya infeksi CWD.(ut/CDC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyakit Rusa 'Zombie' Menyebar di A.S. Dan Dapat Menginfeksi Manusia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar