Terungkap Alasan Isi BBM di SPBU Gak Boleh Pakai Jerigen Pelastik

Daftar Isi



    Foto: 50 SPBU di Denpasar jual bensin jenis Pertalite seharga Rp6.450 per liter. (Pertamina)

     

    Lancang Kuning – Untuk mengisi bahan bakar minyak, atau BBM setiap kendaraan bermotor akan datang ke SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). Namun dalam kondisi tertentu pengguna mobil, atau motor tidak bisa datang ke SPBU.

    Salah satunya ketika mobil mati di tengah jalan, karena habis bensin. Sehingga jalan alternatifnya adalah membeli dalam keadaaan eceran, atau membawa jerigen dengan menghampiri SPBU terdekat dari lokasi kendaraan.

    Namun dalam keadaan darurat, tanpa mempertimbangkan keamanan berbagai jenis wadah digunakan untuk mengisi BBM di SPBU. Mulai dari botol air minum kemasan, hingga jerigen berbahan pelastik.


    Padahal cara tersebut tidak dibenarkan, atau dilarah karena jerigen pelastik bukan diperuntukan sebagai wadah yang aman menyimpan BBM. Hal itu sempat disampaikan Sales Branch Manager PT Pertamina, Arif Wahyu Perdana.

    “Jerigen bahan pelastik tidak mampu mengantarkan listrik, jadi berpotensi menimbulkan bahaya. Jadi kalau mau pakai jerigen bahan logam,” ujarnya, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Dia mengatakan, dikhawatirkan saat pengisian pertama BBM nosel mengeluarkan percikan atau listrik statis, jika tidak mampu dihantarkan maka akan mengakibatkan kebakaran. Sehingga jerigen bahan logam lebih aman dari pelastik.


    “Harapannya pakai jerigen bahan logam, karena bisa menghantarkan listrik. Misalnya ada percikan dari nosel takutnya ada listrik statis,” ujarnya 

    Selain pemilihan bahan dasar dari wadah, cara lain melakukan pengisian BBM yang benar adalah posisi dari jerigen tersebut harus diletakkan di bawah. Hal itu masih berkaitan dengan listrik statis yang bisa memicu timbulnya api.

    “Kalau jerigen ada di tanah pengantar listrik statisnya lebih sempurna jadi api enggak akan muncul. Tapi bahan pelastik tidak mampu menghantarkan listrik statis,” sambungnya.

    Bukan hanya kasus mobil mati di tengah jalan, namun pembelian menggunakan jerigen pelastik kerap dilakukan pengguna motor, atau pengusaha bensin eceran. Padahal tidak semua jenis BBM bisa dibeli menggunakan jerigen.

    BBM yang diperbolehkan berdasarkan ketentuan Pertamina meliputi Pertalite, dan Pertamax yang diperbolehkan pakai jeriken tapi harus bermaterial logam. Adapun untuk Dexlite boleh pakai jeriken plastik asalkan dengan spesifikasi khusus. (LK) 

     

    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Terungkap Alasan Isi BBM di SPBU Gak Boleh Pakai Jerigen Pelastik

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Terungkap Alasan Isi BBM di SPBU Gak Boleh Pakai Jerigen Pelastik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar