Perbedaan Alat Ukur Elektrik dan Elektronik

Daftar Isi

    LancangKuning - Alat ukur listrik adalah alat yang digunakan untuk mengukur beda potensial listrik, tahanan, daya listrik, dan arus. Alat ukur kelistrikan dibedakan menjadi dua jenis yaitu berupa alat ukur digital dan alat ukur analog. Alat ukur listrik merupakan alat ukur yang digunakan dalam proses perawatan dan perbaikan kendaraan. Alat ukur listrik adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur listrik (yaitu arus, tegangan, dan tahanan). Jumlah listrik ini banyak digunakan di sirkuit kendaraan.

    Alat ukur kelistrikan sangat penting untuk mengetahui kerja rangkaian yang digunakan pada kendaraan. Dalam penggunaannya terdapat berbagai macam alat ukur elektronik. Ini karena berbagai besaran listrik harus diperiksa selama perbaikan dan perawatan sirkuit kendaraan. Alat ukur listrik juga telah mengalami berbagai perkembangan, sehingga menghasilkan alat ukur yang lebih praktis dan efisien.

    Alat ukur kelistrikan secara umum dibedakan menjadi dua jenis. Alat ukur elektronik jenis ini adalah alat ukur analog dan alat ukur digital. Alat ukur listrik analog adalah alat ukur listrik yang masih mekanik atau menggunakan jarum. Alat ukur digital adalah alat ukur yang mengalami pengolahan secara digital dan menggunakan layar untuk menampilkan hasil pengukurannya.

    Mengingat banyaknya kegunaan dalam bidang otomotif, alat ukur kelistrikan memegang peranan yang sangat penting. Informasi lebih detail mengenai alat ukur listrik, pengertian, jenis dan fungsinya akan dibahas pada artikel selanjutnya. Istilah tersebut biasanya diartikan sebagai listrik, dan digunakan untuk menggambarkan benda atau perkakas yang menggunakan tenaga listrik. Misalnya, pemanas listrik mengacu pada pemanas air yang dijalankan dengan listrik.

    Secara khusus, istilah tersebut digunakan untuk perangkat yang hanya menggunakan listrik untuk menyalakan dan bekerja. Tidak ada sistem sirkuit yang rumit atau sistem logika digital yang rumit. Jika peralatan listrik rusak, Anda hanya perlu memeriksa dan memastikan bahwa bagian yang bertanggung jawab memberi daya pada alat tersebut berfungsi dengan baik. Itu dia. Jika pemanas listrik.

    Contoh peralatan listrik adalah pemanggang roti elektrik, pengering rambut, bola lampu, rokok, pisau cukur, gitar, kotak musik, kompor, dll.

    Alat Ukur Elektronik

    Alat ukur elektronik (kelistrikan) adalah alat yang digunakan untuk mengukur besaran listrik (seperti tahanan (R), arus (I), beda potensial (V), daya listrik (P), dll)). Alat ukur ada dua jenis yaitu alat ukur analog dan alat ukur digital. Bertentangan dengan kata-kata. Elektronika, istilah ini digunakan secara eksklusif untuk menggambarkan perangkat dengan sistem rangkaian kompleks dan / atau rangkaian logika digital kompleks. Oleh karena itu, sebagian orang mengatakan bahwa perangkat elektronik tidak hanya menggunakan energi listrik sebagai listrik atau membuatnya berfungsi dengan baik, tetapi juga menggunakan energi listrik sebagai alat untuk menyampaikan informasi (informasi di sini bukan dalam lingkup ilmu pengetahuan, tetapi dalam matematika atau data digital). Dan memproses informasinya.

    Coba minta teman Anda untuk membandingkan dua alat berikut: bola lampu dan sensor cahaya elektronik. Bola lampu atau lampu bohlam adalah listrik karena benda ini menggunakan listrik hanya sebagai energi listrik, sehingga dapat bekerja atau menyala secara normal. Sedangkan sensor cahaya bersifat elektronik karena alat tersebut dapat menghasilkan tegangan yang bergantung pada banyaknya cahaya yang diterimanya, yang merupakan bagian dari sistem yang secara otomatis mematikan lampu pada siang hari.

    Sensor harus menggunakan listrik untuk bekerja. Tidak hanya itu, alat tersebut juga dapat mengirimkan informasi atau data (dalam hal ini berupa jumlah cahaya yang masuk atau diterima oleh sensor) ke bagian tertentu dari sensor tersebut, yang kemudian dibangkitkan tegangannya. Sampai batas tertentu, maka secara otomatis mematikan lampu.

    Contoh lainnya adalah komputer elektronik, komputer tablet elektronik, komputer notebook elektronik, radio elektronik, lemari es elektronik, dll. Sebagai catatan, alat tersebut sering juga disebut sebagai alat elektronik. (yafi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Alat Ukur Elektrik dan Elektronik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar