Waspada Kolesterol Saat Lebaran, ini Makanan yang Baik untuk Mencegahnya

Daftar Isi

    LancangKuning.com – Saat lebaran tentu saja banyak makanan yang harus membuat kita waspada. Pasalnya setiap rumah yang kita kunjungi akan menyajikan makanan yang beragam.

    Namun itu semua kamu waspadai karena takut kolesterol. Pernahkah kamu merasa takut akan kadar kolesterol jika memakan sesuatu, atau kamu sering mendengar ocehan larangan jangan makan ini atau jangan makan itu nanti kolesterol.

    Sama-sama kita ketahui bahwa memang makananlah yang menjadikan faktor utama penyebab kadar kolesterol kita terpengaruhi. Apabila kadar kolesterol tinggi yang ada darah kita maka akan menyebabkan Hiperkolesterolemia.

    Selain itu jika Kadar kolesterol kamu tinggi dapat mengakibatkan kamu bisa terkena serangan jantung atau sakit jantung. Cara terbaik yang bisa kita lakukan dalam mencegah kolesterol adalah mengatur cara makan

    Sebelum kita membahas makanan apa saja yang bisa dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi akan lebih baik kita membahas sedikit dulu makanan apa saja yang menyebabkan kadar kolesterol tersebut tinggi.

    Makanan yang kita konsumsi apabila terdapat lemak jenuh  yang tinggi dapat dengan mudah menaikan kadar kolesterol. Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak jenuh diantaranya : Margarine, bebek, mentega, daging berlemak, produk daging olahan, keju- susu, krim-yoghurt (jika mengandung lemak tinggi), santan, kuning telur dan minyak sawit.

    Bagi kamu penderita Hiperkolesterolemia dianjurkan mengkonsumsi sayuran dan buah. Selain itu juga harus memakan makanan yang mengandung tinggi serat dan lemak baik.

    Tubuh membutuhkan asupan serat minimal 25 gram agar mengurangi resiko sakit jantung. Dengan adanya serat bisa membantu dalam mengurangi kadar Low-density lipoprotein lebih cepat serta mengeluarkan kolesterol dari saluran pencernaan. Kebutuhan akan serat pada tubuh kita bisa kita jumpai dengan memakan buah-buahan, sayur atau biji-bijian. Sedangkan kebutuhan akan lemak sehat kita bisa mengkonsumsi makanan seperti alpukat, ikan salmon, kacang-kacangan dan miyak nabati

    Berikut beberapa makanan yang terbaik untuk yang menderita kolesterol:

    1. Oatmeal

    Kandungan serat yang gampang larut pada Oatmeal bisa mengurangi kadar LDL. Kamu bisa mendapatkan serat 6 gram setiapmengkonsumsi Oatmeal satu setengah cangkir dan serat sebanyak 4 gram tambahan dengan mengkonsumsi pisang.

    1. Ikan dan omega 3

    Tekanan darah bisa stabil jika kamu mengkonsumsi ikan yang mengandung omega-3 nya, selain itu dengan mengkonsumsi ikan dan omega-3 juga menghindari resiko pembekuan darah. Biasanya pada ikan tuna dan salmonlah yang terdapat kandungan omega-3 yang besar. Selain itu, kamu juga bisa memakan suplemen dengan anjuran dokter untuk mendapatkan omega-3

    1. Alpukat
      ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa memperbaiki kadar LDL pada orang obesitas bisa dilakukan dengan memakan alpukat. Selain itu alpukat sebenarnya sumber sumber nutrisi yang memiliki kandungan monounsaturated fat.

     

    Create by : UT

    Sumber: vivahealth.co.id

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Waspada Kolesterol Saat Lebaran, ini Makanan yang Baik untuk Mencegahnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar