Mau Berlibur di Tengah Pandemi? Baca Tips Ini Dulu

Daftar Isi


    Foto: berlibur ketika hujan. (vstory)

    Lancang Kuning – Di tengah pandemi Covid-19 ini, tentu ada baiknya kita tetap di rumah saja ya. Namun, untuk sebagian orang, merasa tetap perlu untuk menyegarkan pikiran dan refresh rutinitas dengan menikmati alam. Kebanyakan memerlukan refreshing, karena dianggap menyehatkan jiwa raga, setelah berkutat sekian lama dengan pelajaran, mata kuliah atau pekerjaan. 

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Tentu, tiap manusia pasti punya pertimbangan saat memutuskan untuk bepergian. Baik buruknya, kembali ke individu masing-masing. Sebagai manusia, hendaknya tidak menghakimi, karena semua orang berhak melakukan yang terbaik menurutnya. 

    Baca juga:  Makanan Khas Pekanbaru

    Beberapa sahabat Sahijab yang dikontak penulis untuk tahu alasan berlibur, short trip, staycation atau sekedar menjelajah alam, biasanya juga menyebutkan kesempatan tersebut, dimanfaatkan untuk sekalian mengunjungi orang tua, ingin menyenangkan anggota keluarga atau bahkan untuk pemulihan kondisi tubuh yang bisa terbantu dengan rekreasi. Inilah yang disebut pertimbangan seseorang dalam memutuskan untuk bepergian mengeksplor alam.
     

    Baca Juga: Cerita Rizal Ramli, Mau Nyapres Diminta Parpol Hampir Rp1 Triliun

    Memang, tak salah untuk menikmati alam. Bahkan, Allah pun menyebutkan dalam Alquran surat Al Mulk ayat 15: 

    "Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan, hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan."

    Tentu, saat memutuskan bepergian, sudah menimbang faktor-faktor keamanan. Tubuh dalam kondisi prima, tetap menghindari kerumunan, menjaga protokol kesehatan, dan jangan lupa sholat safar untuk mendapat ridho terbaik-NYA. Hadist dari Abu Hurairah RA. bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

    “Jika engkau keluar dari rumahmu, maka lakukanlah sholat dua rakaat yang dengan ini akan menghalangimu dari kejelekan yang berada di luar rumah. Jika engkau memasuki rumahmu, maka lakukanlah sholat dua rakaat yang akan menghalangimu dari kejelekan yang masuk ke dalam rumah.”

    Nah, ini penting untuk diamalkan, sebelum jalan-jalan atau berlibur ya. Agar selamat, sampai tujuan dan kembali dengan selamat juga. Hendaknya berdoa, berharap bahwa perjalanan yang dilakukan akan memberikan kebaikan, syafaat dan manfaat. Met jalan-jalan yaaa. (LK)

    Sumber: Sahijab.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mau Berlibur di Tengah Pandemi? Baca Tips Ini Dulu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar