Ini Sebabnya Jika Memakai Hand Sanitizer Terlalu Sering

Daftar Isi

    LancangKuning - Pemakaian hand sanitizer kerap menuai pro kontra. Pasalnya, hand sanitizer tidak dapat membersihkan tangan secara ekstra seperti memakai sabun dan air. Tak hanya itu, hand sanitizer mengandung ethyl alcohol, isopropyl alcohol serta triclosan yang tinggi. Sehingga, efeknya pada kulit juga dipertanyakan.

    Dilansir dari Times of India, Sirisha Singh, Dermatologis mengungkapkan, pemakaian hand sanitizer secara rutin dapat membuat kulit kering, kemerahan, bahkan eksim. Jika terlalu sering, pemakaian hand sanitizer bisa menyebabkan gatal, luka dan perih. Terutama, ketika terkena zat asam seperti lemon dan cuka.

    Pemakaian hand sanitizer secara rutin juga menyebabkan penipisan pada kulit. Sehingga, kulitmu akan lebih rentan terhadap sinar UV dan menyebabkan pigmentasi. Kesehatan kukumu juga terancam ketika memakai hand sanitizer. Kukumu bisa mengalami peradangan, bengkak dan perubahan warna.

    Baca Juga : Tempat Wisata Pekanbaru


    Jadi, apakah kita harus menghentikan pemakaian hand sanitizer? Penelitian membuktikan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air lebih efektif. Jika masih ingin memakai hand sanitizer dan sering mencuci tangan, kamu perlu menggunakan pelembap serta tabir surya untuk melindungi kesehatan kulit.

    Jangan Sembarangan Tinggalkan Hand Sanitizer di Mobil, Bahaya!

    Saat ketentuan lockdown diperlonggar, masyarakat perlahan-lahan mulai melakukan aktivitas di luar rumah. Tentu saja kebiasaan kita tak bisa lagi sebebas saat sebelum pandemik Covid-19. Kamu harus berangkat dengan semua “ peralatan perang” seperti masker dan hand sanitizer.

    Meski terbilang sederhana. cara kamu memperlakukan larutan pembersih tangan tak boleh sembarangan. Hand sanitizer memang perlengkapan penting yang dipercaya bisa mematikan kuman di telapak tangan sehingga risiko tertular virus corona diperkecil.

    Baca Juga : Shalat Iduk Adha 1441 H Di gelar Di Halaman Balaikota Pariaman Ini Penjelasan Kakanlemenag Kota Pariaman 


    Selain di dalam tas, kamu juga mungkin memiliki hand sanitizer di dalam mobil. Nah, cairan ini harus mendapat perhatian khusus agar kamu terhindari dari bahaya. Tahukah jika meletakkan hand sanitizer semabarang di dalam mobil ternyata bisa kebakaran?

    Ini Alasannya

    Dikutip dari Times of India, Sabtu 29 Mei 2020, hand sanitizer terbuat dari bahan kimia yang bisa membunuh kuman. Salah satu komposisi hand sanitizer adalah alkohol berkonsentrat baik. Meskipun baik dalam mencegah penyebaran virus, kandungan alkohol dalam hand sanitizer itu mudah terbakar. Apalagi, jika terkena panas dalam jangka waktu yang lama. Jika ditinggal di mobil selama berjam-jam, tak tertutup kemungkinan hand sanitizer bisa terpapar panas.

    Saat suhu mobil meninggi, orang-orang tak disarankan untuk meninggalkan hand sanitizer di dalam kendaraan. Bahaya peningkatan keselamatan kebakaran yang mengintai pemilik kendaraan.


    Risiko Terbakar Bisa Bertambah

    Pembersih tangan berbasis alkohol mudah terbakar dan menguap di suhu kamar jika terkena panas. Apalagi, sebagian besar cairan hand sanitizer ini disimpan di botol plastik. Penyimpanan ini bisa meningkatkan risiko terbakar. Sekarang kendaraan menjadi sangat panas pada musim panas. Hand sanitizer ini bisa terbakar jika mencapai suhu 300 derajat Celcius atau lebih.

    Jika ingin membawa hand sanitizer ke dalam mobil, jangan lupa untuk menutup botol dan jangan ditinggal di mobil. Hindarkan juga dari jangkauan anak-anak supaya tidak terjadi risiko keracunan alkohol.

    Ada Risiko Lain

    Selain gampang terbakar, ada juga bahaya lain menyimpan hand sanitizer terlalu lama. Beberapa penelitian menyebut hand sanitizer yang yang terlalu lama terkena panas, bisa merusak kandungannya. Panas bisa membuat hand sanitizer ini benar-benar berair. Meskipun sudah berbekal hand sanitizer, tetap ada satu hal yang perlu kamu ingat. Mencuci tangan dengan sabun tetaplah yang terbaik dalam menekan penularan virus corona.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ini Sebabnya Jika Memakai Hand Sanitizer Terlalu Sering
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar