Ada Kabar Kurang Mengenakkan dari YouTube

Daftar Isi


    Foto: YouTube. (Tek.id) 

     

    Lancang Kuning – Ada kabar kurang mengenakkan dari YouTube. Hal ini dikarenakan salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, menuntut platform berbagi video milik Google itu gara-gara Bitcoin.

    Mengutip laman Mashable, Sabtu, 25 Juli 2020, kemarahan Wozniack ini lantaran ada sejumlah video penipuan berkedok Bitcoin memasang nama dan wajah dirinya dengan tujuan meyakinkan calon korban supaya berinvestasi.

    Calon korban akan diminta mengirimkan Bitcoin pada pelaku dengan janji akan mendapatkan lebih banyak keuntungan nantinya. Pengacara Steve Wozniak mengatakan jika YouTube tidak melakukan apapun untuk para pelaku penipuan tersebut.


    Ia pun membandingkannya dengan Twitter yang dianggap cepat merespons terkait penipuan Bitcoin yang terjadi pada platformnya.

    Selain Steve Wozniak, ada 17 korban yang juga menuntut YouTube. Mereka ingin platform tersebut menurunkan video dan memberi peringatan ke pengguna mengenai penipuan dengan kedok pemberian hadiah atau giveaway ini.

    Selain itu para penuntut ini juga menginginkan YouTube untuk ganti rugi dari jumlah kerusakan yang ditimbulkan. YouTube pun buka suara. Dalam pernyataannya, mereka mengatakan penipuan sangat bertentangan dengan aturan platform.


    Saat ini YouTube sedang bekerja menghapus seluruh video yang terkait pelanggaran. Sebelumnya, raksasa teknologi itu juga membela diri pada tuntutan serupa.

    YouTube mengatakan jika mereka tidak bisa dimintai pertanggungjawaban atas konten yang diposting pengguna mengikuti aturan federal yaitu Communication Decency Act of 1996.

    Penipuan Bitcoin telah banyak terjadi di dunia maya dalam beberapa tahun terakhir. Para penipu akan berpura-pura menjadi selebriti atau pengusaha dari industri teknologi.

    Mereka akan berpura-pura dan menawarkan skema menghasilkan uang yang mengharuskan para korbannya mengirimkan Bitcoin. Pelaku menjanjikan korban akan mendapatkan lebih banyak lagi nantinya, namun akhirnya tidak mendapatkan apa-apa dan kehilangan banyak uang. (LK) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ada Kabar Kurang Mengenakkan dari YouTube
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar