Legenda Ombak Tujuh Hantu yang Kian Mendunia Di Sungai Kampar

Daftar Isi

    Siapa sih yang hingga saat ini tidak mengenal ombak bono yang ada di sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan? Ombak Bono kini kian mendunia, dikenal hingga berbagai benua di dunia. Tapi, tahukah kamu mengenai asal-usul Ombak Bono?

    Secara ilmiah, ombak bono merupakan salah satu peristiwa alam yang cukup langka dan jarang terjadi. Dimana kita akan menyaksikan sebuah gelombang besar yang layaknya terjadi di tengah laut, namun ini terjadi di sebuah sungai air tawar. 

    Ombak bono terjadi diakibatkan benturan tiga arus air yang berasal dari Selat Melaka, Laut Cina Selatan dan Aliran air Sungai Kampar. Akibat benturan ini, menjadikan ombak air di muara sungai Kampar bisa mencapai ketinggian 4-10 meter dengan ditandai sebelumnya dengan suara gemuruh yang hebat. Ini merupakan fenomena ilmiah yang akan dipercayai oleh kaum intelektual saja. Namun tidak begitu bagi masyarakat setempat.

    Baca Juga : Legenda Lancang Kuning yang Tersohor di Riau

    Menurut kepercayaan warga, gelombang bono yang ada di sungai kampar adalah bono jantan, sementara bono betinanya berada di daerah Sungai Rokan, dekat dengan Kota Bagansiapi-api. Bono di kuala kampar tersebut berjumlah tujuh ekor, dimana bentuknya serupa kuda yang biasa disebut dengan induk Bono. Pada musim pasang mati, bono ini akan pergi ke Sungai Rokan untuk menemui bono betina. Kemudian bersantai menuju ke selat Malaka. Itulah sebabnya ketika bulan kecil dan pasang mati (air surut), bono tidak ditemukan di kedua sungai tersebut. Jika bulan mulai besar, kembalilah bono ketempat masing-masing, lalu main memudiki sungai Kampar dan sungai Rokan. Semakin penuh bulan di langit, semakin gembira bono berpacu memudiki kedua sungai itu.

    Cerita lain menyebutkan bahwa dahulunya gulungan ombak ini berjumlah 7 (tujuh) ombak besar dari 7 hantu. Ketika pada masa penjajahan Belanda, kapal-kapal transportasi Belanda sangat mengalami kesulitan untuk memasuki Kuala Kampar akibat ombak ini. Salah seorang komandan pasukan Belanda memerintahkan untuk menembak dengan meriam ombak besar tersebut. Entah karena kebetulan atau karena hal lain, salah satu ombak besar yang kena tembak meriam Belanda tidak pernah muncul lagi sampai sekarang. Maka sekarang ini hanya terdapat 6 (enam) gulungan besar ombak Bono.

    Nah, legenda mana yang kamu percayai ?

    Berikut Video Ombak Bono di Teluk Meranti Pelalawan Riau

    Sumber : bonokampar

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Legenda Ombak Tujuh Hantu yang Kian Mendunia Di Sungai Kampar
    Sangat Suka

    47%

    Suka

    27%

    Terinspirasi

    8%

    Tidak Peduli

    10%

    Marah

    6%

    Komentar