Pacu Sampan Leper, Wisata Budaya Negeri Seribu Parit “INHIL”

Daftar Isi

    LANCANG KUNING - Jika Kabupaten Kuantan Singingi mempunyai Wisata Budaya Pacu Jalur yang sudah dikenal secara Nasional maupun Internasional, maka Inhil yang memiliki julukan Negeri Seribu Parit mempunyai Wisata Budaya Pacu Sampan Leper. Pacu Sampan Leper adalah Perlombaan Pacu Sampan Tingkat Kabupaten yang diadakan setahun sekali di Inhil.

    Sampan atau Perahu Leper merupakan Perahu yang berukuran 1 x 3 meter dengan lantai dasar yang memiliki permukaan pipih dan datar. Bupati Inhil Muhammad Wardan menjelaskan bahwa Sampan Leper adalah sebuah cipta karya dari inovasi orangtua terdahulu dalam mengatasi masalah transportasi sungai yang harus mengikuti kondisi pasang surut, dibuat Leper agar agar dapat digunakan diatas air maupun lumpur.

    Perlombaan Sampan Leper diadakan di kawasan wisata Kuala Getek Tembilahan dan diikuti oleh perwakilan seluruh kecamatan yang ada di Inhil. Pemerintah Kabupaten Inhil menyatakan akan terus mempertahankan kebudayaan Sampan Leper ini agar dikenal hingga ke seluruh pelosok negeri.

    "Hingga saat ini budaya pacu sampan leper masih tetap terjaga dan terus dikembangkan oleh Pemkab Inhil melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata," Ujar Muhammad Wardan.

    (Ylz)

    Sumber : liputan6.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pacu Sampan Leper, Wisata Budaya Negeri Seribu Parit “INHIL”
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar