Kesbangpol Siak Gelar Pelatihan Dasar Bela Negara, Spirit Kebangsaan Diharapkan Tumbuh ke Generasi Muda

Daftar Isi

    LancangKuning.com, SIAK - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Siak menggelar pelatihan dasar bela negara, dari kegiatan tersebut diharapkan, generasi muda bisa menumbuhkan spirit-spirit bela negara.

    Hal itu disampaikan Kepala Kesbangpol Siak Hasmizal, saat dijumpai usai acara pembukaan, Rabu (14/8/19) pagi, di Gedung Dharma Wanita Siak.

    "Banyak pengaruh-pengaruh luar yang tentu mengikis nilai-nilai kebangsaan bagi generasi muda, untuk itu, kita ingin membentengi generasi muda ini, agar nilai-nilai kebangsaan terus tumbuh dalam diri," kata Hasmizal.

    Tujuan kegiatan itu kata Hasmizal, untuk memahami rasa cinta tanah air sebagai dasar kekuatan bangsa dan negara, kesadaran berbangsa dan bernegara untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, kesediaan terhadap pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara.

    "Kita inginkan generasi muda bisa meningkatkan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan sebagai generasi penerus bangsa, serta mewujudkan generasi muda yang berkarakter wawasan kebangsaan, memilki nilai-nilai nasionalisme, semangat patriotisme, cinta tanah air dan rela berkorban terhadap kepentingan daerah, bangsa dan negara," tutur Hasmizal.

    Hasmizal mengatakan, dengan penyelenggaraan kegiatan ini, diharapkan generasi muda khususnya anak muda di Kabupaten Siak, tahu dengan tentang pentingnya dalam menumbuhkan rasa bela negara di dalam diri.

    "Di Siak mempunyai pahlawan nasional, yakni Sultan Syarif Kasim II, dengan spirit kebangsan Sultan pada masa itu untuk bangsa Indonesia, dan saat ini diharapkan generasi muda di Siak juga bisa menumbuhkan spirit bela negara seperti yang dilakukan Sultan," kata mantan Plt Kadis PMK Siak itu.

    Beliau juga mencontohkan, dengan momen 17 Agustus yang tinggal menghitung hari ke depannya, dengan masyarakat ikut mengibarkan bendera Merah Putih juga merupakan bentuk aksi bela negara.

    "Kita ingin, di dalam diri generasi muda tertanam spirit bela negara yang tentu akan membantu pembangunan dalam positif. Agar bangsa ini terus maju," jelasnya.

    Seminar tersebut diikuti 60 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan Pemuda Kabupaten Siak. Sementara dari narasumber di datangkan dari Direktorat Ideologi Karakter dan Wawasan Kebangsaan Dalam Negeri, Kesbangpol Provinsi, TNI dan Kesbangpol Siak.

    Kegiatan tersebut dibuka Bupati Siak yang diwakili Pj Sekretaris Daerah Siak Jamaluddin, turut hadir Sekretaris Dinas Sosial Siak, Ketua LAMR Siak Wan Said, serta sejumlah tamu undangan. (LK/Gus_li)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kesbangpol Siak Gelar Pelatihan Dasar Bela Negara, Spirit Kebangsaan Diharapkan Tumbuh ke Generasi Muda
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar