Jus Penurun Darah Tinggi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Darah tinggi atau terkadang disebut hipertensi, merupakan kondisi dimana tekanan pada jantung meningkat, maka tekanan yang melewati pembuluh darah akan meningkat dan menyebabkan hipertensi atau darah tinggi. Terkadang ada yang menganggap remeh masalah ini, akan tetapi seharusnya tidak begitu.

    Karena tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan pusing yang terlalu larut, hingga menyebabkan stress. Akibatnya, makan tidak teratur, kegiatan sehari hari menjadi terganggu, meningkatkan kekhawatiran orang sekitar, dan masih banyak lagi. Ada beberapa bahaya pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, yaitu :

    1. Pecahnya saluran pembuluh darah arteri

    Hipertensi juga sangat berdampak pada saluran pembuluh darah arteri. Pada umumnya penyakit ini memang menyerang pembuluh darah arteri di sekitar tubuh, terutama otak dan jantung. Akibat dari tingginya tekanan darah yang memang tinggi maka tidak menutup kemungkinan bahwa pembuluh darah arteri bisa pecah disaat apapun. Jika pembuluh darah sudah pecah, maka aliran darah yang menuju ke tempat vital seperti otak akan tidak lancer bahkan berhenti mengalir.

    2. Serangan jantung

    Tempat utama bagi darah yaitu jantung, kondisi awal dari tekanan darah tinggi membuat sesak pada dada. Akan tetapi sesak di dada itu merupakan banyaknya darah pada jantung yang menekan paru-paru, maka dari itu dada menjadi sesak. Jika darah yang ada pada jantung sudah banyak dan aliran kurang stabil, dari situlah muncul serangan jantung. Pembuluh arteri yang bertekanan tinggi memungkinkan pecah, jika sudah pecah serangan jantung akan berlanjut hingga menjadi serangan jantung yang akut, susah untuk di terapi.

    3. Gangguan pada ginjal

    Salah satu dampak yang terjadi pada pengidap hipertensi, yaitu gangguan tekanan pada ginjal. Tekanan yang tidak normal memungkinkan ginjal terkena gangguan yang mengakibatkan hal berikut ini :

    • Sulit untuk buang air kecil
    • Rasa sakit yang akan menimpa perut, seperti nyeri, terasa terikat tali, ataupun seperti tertekan
    • Terkadang, saat buang air kecil akan keluar darah
    • Sering buang air kecil, akan tetapi air yang dikeluarkan relative sedikit

    4. Stroke

    Dampak ini merupakan dampak yang paling berbahaya, karena stroke ini memungkinkan orang   yang mengidapnya tidak bisa bergerak sama sekali. Tapi masih bisa mendengarkan dan melihat. Ini terjadi ketika pembuluh darah sudah susah bekerja, atau pecah. Karena jika sudah pecah, membuat reflek ataupun gerak tetap kegiatan tubuh menjadi terhenti, ini yang disebut stroke.

    Ada banyak cara untuk mengurangi tekanan darah tinggi mulai dari mengatur pola makan, mengonsumsi makanan yang bergizi, ataupun meminum jus buah yang bergizi. Disini ada beberapa jus yang bisa mengurangi tekanan darah tinggi, yaitu :

    1. Jus jeruk campur seledri

    Mengapa jeruk bisa mengurangi tekanan tinggi?, karena kelansungan dalam buah jeruk sangat bervitamin, seperti vitamin C, B, serat pangan pectin, folat. Maka dari itu jeruk bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Caranya, yaitu hancurkan daun seledri dan isi buah jeruk secara terpisah, lalu campurkan. Mencampur bisa menggunakan alat pencampur atau blender ataupun mixer. Rutin minum jus ini sehari sekali, agar tekanan darah berkurang.

    2. Jus Tomat

    Kandungannya sma seperti jeruk, untuk cara konsumsinya. Bisa di jus bisa langsung makan. Akan tetapi untuk umumnya orang, mereka mengonsumsi tomat dengan cara di jus, agar terasa lebih elegan, mudah di konsumsi, mudah diolah di dalam lambung.

    3. Jus ketumbar

    Untuk jus yang satu ini agak berbeda dengan yang lain, karena bahan bahannya ada yang tidak selazimnya jus untuk bahannya yaitu, siapkan ketumbar sekitar satu sendok, 1 buah apel, 2 buah mentimun dan satu batang seledri. Potong semua bahannya menjadi kecil – kecil, lalu campur dengan blender. Minumlah sehari sekali secara rutin.

    4. Jus Wortel

    Jus ini memang sudah umum untuk kesehatan tubuh. Tapi sebenarnya, wortel memang banyak digunakan dalam dunia kesehatan. Banyak manfaat pada tumbuhan ini, untuk mencerahkan mata, membantu daya tahan ingatan, mengurangi plak dalam gigi, bahkan bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Maka dari itu, jus wortel cocok bagi penderita darah tinggi untuk menurunkan tekanan darahnya.(Bintang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jus Penurun Darah Tinggi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar