Daftar Kasus Polisi Tembak Polisi

Daftar Isi

    Foto: Polsek Cimanggis Depok, Lokasi Penembakkan Bripka Rahmat

    LancangKuning.com, Jakarta - Kasus seorang polisi menembak polisi kembali terjadi. Beberapa tahun sebelumnya juga pernah terjadi kasus-kasus serupa dengan motif yang berbeda.

    Sebagaimana diketahui, kasus terbaru 'polisi tembak polisi' terjadi pada Bripka Rahmat Effendy yang ditembak oleh sesama polisi bernama Brigadir Rangga Tianto di Polsek Cimanggis, Depok, pada Kamis (25/7) malam.

    Ternyata cerita kemalangan Bripka Rahmat yang ditembak sesama polisi, juga pernah menimpa polisi lain. Berikut ini daftar kasus polisi menembak polisi yang dirangkum detikcom pada Jumat (26/7/2019):

    2005: Iptu Sugeng Menembak AKP Gani, Lalu Bunuh Diri

    Pada tahun 2005, kasus polisi menembak polisi pernah terjadi di Polres Jombang. Tepatnya pada 27 April 2005, Iptu Sugeng menembak AKP Ibrahmim Gani ketika tengah berada di ruang Sampta Polres Jombang.

    Penembakan itu dilakukan oleh Iptu Sugeng dengan cara merebut pistol milik AKP Gani. Tembakan itu mengenai dada AKP Gani. Tak berselang lama, Iptu Sugeng bunuh diri dengan cara menembak kepalanya sendiri. Diduga kuat, penembakkan itu terjadi karena Iptu Sugeng stress. AKP Gani pun selamat setelah operasi pengangkatan peluru.

    2007: Wakapolwiltabes Semarang Ditembak Anak Buahnya

    Sementara itu, pada 14 Maret 2007 kasus polisi tembak polisi juga pernah terjadi di Semarang. Seorang polisi bernama Briptu Hance Christianto menembak atasannya, Wakapolwiltabes Semarang AKBP Lilik Purwanto hingga tewas.

    Motif penembakkan diduga Briptu Hance tak terima ketika akan dimutasi ke Polres Kendal. Usai penembakan, Briptu Hance langsung diamankan.

    2013: Briptu Ishak Menembak Kombes Purwadi

    Sedangkan pada 2013, seorang polisi pernah menembak polisi yang juga kepala rumah sakit. Adalah Briptu Ishak yang nekat menembak Kepala RS Bayangkara Makasssar, Kombes Purwadi di bagian leher dan paha. Penembakkan itu terjadi di Ruang Komite Medik RS Bayangkara Makasssar pada 6 April 2013.

    Motif penembakkan tersebut diduga karena Briptu Ishak tak terima jalan di depan rumahnya sempit karena proyek perluasan RS Bayangkara. Namun, Kombes Purwadi masih selamat karena segera mendapatkan penanganan medis. Sedangkan Briptu Ishak langsung menyerahkan diri.

    2017: Polisi Brimob Menembak Polisi Brimob

    Kasus penembakan sesama polisi juga pernah terjadi di antara para personel Brimob pada 10 Oktober 2017. Seorang Brigadir Kepala berinisial BT menembak dua rekannya, yakni Brigadir BW dan Brigadir AS di lokasi pengeboran sumur minyak PT Sarana Gas Trembul (SGT) di Blora.

    Tak jelas apa sesungguhnya motif di balik aksi penembakkan tersebut. Pasalnya, setelah menembak Brigadir BW dan Brigadir AS hingga tewas, Brigadir BT langsung bunuh diri. Namun, menurut kesaksian warga, ketiganya sempat terlibat cekcok.

    2019: Polisi Tembak Polisi Di Cimanggis

    Kasus polisi tembak polisi terjadi lagi pada tahun 2019. Bripka Rahmat Effendy ditembak Brigadir Rangga Tianto di Polsek Cimanggis, Depok, pada Kamis (25/7) malam. Bripka Rahmat pun tewas akibat tembakan tersebut.

    Rahmat adalah anggota Subdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Ditlantas Polda Metro Jaya. Sedangkan Brigadir Rangga merupakan personel Baharkam Polri.

    Peristiwa penembakan tersebut terjadi pada pukul 20.50 WIB. Korban, Bripka Rahmat, sempat terlibat cekcok dengan Brigadir Rangga hingga akhirnya terjadi penembakan sebanyak tujuh kali.

    Penyebab cekcok adalah Bripka Rahmat bersikeras memproses hukum FZ meski Brigadir Rangga telah meminta agar keponakannya dibina oleh keluarga saja. FZ sebelumnya ditangkap oleh Bripka Rahmat, dengan barang bukti sebuah celurit. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Daftar Kasus Polisi Tembak Polisi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar