Cara Menyeimbangkan Antara Organisasi dan Kuliah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang tidak ingin jika memiliki nilai yang bagus namun organisasi juga berjalan dengan baik, tentunya bagi kamu mahasiswa baru maupun calon mahasiswa hal ini sudah tergamblang jelas dipikiran kamu untuk menjadi mahasiswa yang aktif, selain aktif di organisasi namun memiliki nilai dan pengetahuan akademik yang bagus pula. Bila dipikirkan hal tersebut sangatlah sulit karena harus menyesuaikan waktu diantara keduanya. 

    Namun  sebagai orang tua tentunya mengharapkan anaknya memiliki  Nilai atau IPK yang baik, di lihat pada sisi anak ada lima dari sepuluh anak yang sebagian adalah tergolong aktif, hal ini bisa difaktori karena sudah terbiasa akibat sewaktu di jenjang bangku sekolah ia mengikuti banyak organisasi. Hal tersebut menjadi tugas bagi anak untuk bisa menyeimbangkan keduanya, antara harapan orang tua dan hobinya. Namun antara kuliah dan organisasi bukanlah suatu hal yang harus dipenuhi keduanya, mahasiswa mempunyai hak untuk mengikuti organisasi maupun tidak.

    Terlalu mengedepankan organisasi hingga lalai dalam perkuliahan juga bukan merupakan hal yang baik, namun hanya belajar teori yang melulu di dalam kelas juga bukan pilihan yang tepat tanpa mengimplikasikan terhadap masyarakat. Namun sangat jarang jika ada orang yang dapat menyeimbangkan antara keduanya jika di presentasikan hanya ada 3 dari 8 orang yang mampu melakukan hal tersebut, Karena manusia pada umumnya memiliki tingkat fokus yang berbeda-beda. Tapi bagi kamu yang penasaran akan hal tersebut bisa mencoba tips yang penulis berikan dibawah ini.

    1. Pilih organisasi sesuai minat dan bakat

    Dengan memilih organisasi sesuai minta dan bakat maka hal ini akan membuat diri kamu semakin berkembang, kemudian usahakan untuk tidak memilih organisasi yang menurut kamu berat. Contohnya seperti organisasi BEM (Badang Eksekutif Mahasiswa) dan MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa),

    1. Manajemen waktu dengan baik

    Jika kamu ingin menjadi aktivis kampus maka kamu harus memiliki schedule yang sudah dibuat, membuat timeline secara detail di setiap kegiatan yang akan kamu lakukan pada hari ini sehingga kamu memiliki panduan yang jelas.

    1. Prioritas

    Calon mahasiswa sukses pasti memiliki prioritas, hal ini bisa kamu masukkan kedalam list schedule untuk memprioritaskan dalam menyelesaikan tugas kuliah, lihat deadline tugas yang akan dikumpul dalam kurun waktu yang berdekatan. Karena setiap dosen memiliki kebijakan masing-masing, sedikit saja kamu terlambat maka hasil jeri payah kamu selama proses mengerjakan tugas akan sia-sia. Ini adalah masalah priotas, prioritaskan mana yang akan kamu selesaikan sekarang dan mana yang bisa ditunda.

    1. Jangan menunda pekerjaan

    Kebiasaan mahasiswa pada umumnya yaitu mengerjakan tugas dalam maha deadline, hal ini sangat tidak baik karena kamu akan kelelahan dan harus berfikir ekstra. Jika kamu bisa menyelesaikannya pada hari itu juga maka kerjakanlah, karena dengan menunda pekerjaan satu kali saja maka akan membuat mu susah banyak kali, dan lebih parahnya dapat menjadi suatu kebiasaan.

    1. Batasan Waktu

    Berikan batasan waktu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan hal ini bertujuan agar kamu disiplin terhadap waktu yang kamu miliki.

    1. Totalitas

    Antara kuliah dan oraganisasi maka kamu harus memiliki totalitas untuk keduanya kamu harus siap untuk berlelah-lelahan. Jika hanya setengah hati menjalaninya maka kamu akan memperoleh hasil yang setengah-setengah dan tidak maksimal.

    Alasan kenapa kamu harus berorganisasi yaitu :

    • Ketika kamu di bangku perkuliahan ilmu yang didapat sangatlah terbatas sehingga kamu harus menambah wawasan dengan mengolah pikir serta sharing terhadap teman, sahabat maupun rekan kerja yang satu organisasi kamu dan kamu bisa memperoleh ilmu baru yang sebelumnya tidak pernah kamu dapatkan di bangku perkuliahan.
    • Mahasiswa adalah agent of change yang harusnya membawa perubahan serta perlunya berfikir kritis dalam pembangunan terhadap dirinya, lingkungan dan masyarakat sekitar.
    • Kampus merupakan tempat bagi mahasiswa untuk tempat mengembangkan diri, oleh karena itu kampus juga bukan hanya semata-mata hanya sebagai tempat mencari ilmu, melainkan tempat untuk mengembangkan Soft Skill dan Hard Skill
    • Kamu bisa melatih diri tentang kepemimpinan, bagaimana kerja secara team serta melatih public speaking, melatih manajeman waktu dan lain sebagainnya.(Risma)        

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Menyeimbangkan Antara Organisasi dan Kuliah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar