KSOP Karimun: Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Wajib Menjadi Perhatian

Daftar Isi

    Foto: Humas

    LancangKuning.Com, KARIMUN -- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun, melakukan Kampanyekan Keselamatan Pelayaran dan Sosialisasi Penggunaan Automatic Ifentification System (AIS), Kamis (25/7/2019) di Gedung Nasional Tanjung Balai Karimun.

    Kepala KSOP Kelas I  Tanjung Balai Karimun, Ir Junaidi. MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan terbitnya Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Nomor PM 7 Tahun 2019, tentang pemasangan dan pengaktifan sistem indentifikasi otomatis bagi kapal yang berlayar di wilayah perairan Indonesia.

    "Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran. Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi kepada seluruh stakeholder. Sehingga inplementasinya dapat berjalan dengan baik. Kepulauan Riau, termasuk Tanjung Balai Karimun, yang mana wilayah terbesarnya adalah perairan," jelas Junaidi

    Dengan hal ini, sambung Junaidi, tentunya transportasi laut merupakan prasarana transportasi vital dan sangat dibutuhkan dalam menunjang terselenggaranya aktifitas pelayaran. Transportasi laut menjadi sarana utama untuk menghubungkan pulau yang satu ke pulau lainnya.

    Dikatakan Junaidi, selain pelayaran niaga dengan menggunakan kapal berkapasitas besar, pelayaran rakyat juga merupakan modal transportasi penghubung antar pulau yang sangat penting dan dibutuhkan serta menjadi andalan masyarakat di pulau-pulau di Tanjung Balai Karimun ini sebagai sarana transportasi antar pulau.

    "Oleh karena itu, aspek keselamatan dan keamanan pelayaran wajib menjadi perhatian kita bersama. Sebagai wujud nyata dari upaya yang dilakukan, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun," ungkap Junaidi.

    Untuk meningkatkan aspek pengawasan terhadap pemenuhan persyaratan keselamatan dan keamanan angkutan di perairan dengan mengadakan Kampanye Keselamatan Pelayaran melalui Life Jacket kepada para nelayan, pelayaran rakyat di Tanjung Balai Karimun sekaligus sosialisasi penggunaan AIS. Sambungnya.

    Sosialisasi keselamatan pelayaran yang dilaksanakan pada kesempatan ini, bertujuan untuk mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran serta membudayakan pengunaan alat keselamatan kepada masyarakat.

    Ditambahkan, keselamatan pelayaran merupakan tanggungjawab kita bersama. Oleh karenanya tentunya diperlukan sinergitas, kerjasama dan koordinasi antar seluruh institusi terkait serta seluruh stakeholder di wilayah Tanjung Balai Karimun, Batam Kepulauan Riau dan sekitarnya.

    Pada kesempatan itu, Junaidi juga menghimbau semua pihak baik operator maupun pengguna jasa agar selalu bersinergi mewujudkan keselamatan dan keamanan pelayaran dengan mematuhi aturan-aturan tentang keselamatan pelayaran.

    "Saya atas nama KSOP dan seluruh jajaran menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholder dan panitia yang terlibat dalam pelaksanaan Kampanye Keselamatan Pelayaran dan Sosialisasi Penggunaan AIS ini. Semoga apa yang kita lakukan hari ini, kiranya dapat bermanfaat bagi kita semua," pungkasnya. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel KSOP Karimun: Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Wajib Menjadi Perhatian
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar