Siak Mulai Diselimuti Kabut Asap

Daftar Isi

    SIAK-Kota Siak Sri Indrapura pagi ini tampak mulai diselimuti asap, diduga asap tesebut berasal dari kebakaran lahan yang terjadi beberapa hari terakhir ini di kota Istana.

    Seperti halnya disampaikan salah seorang warga kelurahan Kampung Rempak Siak Hermawan Hariadi, Rabu (24/7/19) pagi,  ia mengatakan beberapa hari terakhir ini ia melihat kabut asap mulai menyelimuti Siak.

    "Ini sekitar pukul 10.16 WIB kita masih terlihat jelas ada asap, kita juga mencium bau sisa kebakaran," kata pria yang biasa disapa Mas Boy itu.

    Ia berharap, pihak terkait agar segera menangani masalah asap ini, supaya kejadian serupa dari tahun ketahun itu tidak bisa terulang lagi.

    Sementara itu, Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Siak Syafrizal saat dikonfirmasi mengatakan, hari ini di Siak ada di daerah Km 79 Kecamatan Dayun yang terbakar, dan saat ini pihaknya sudah menurunkan anggotanya untuk memadamkan api.

    "Hari ini di Dayun tepatnya di Km 79, lahan itu kemarin sempat terbakar, tetapi sudah berhasil dipadamkan, namun hari ini kembali terbakar," kata Syafrizal.

    Mantan Camat Koto Gasib itu mengatakan, di daerah itu lahan yang terbakar seluas belasan hektar. Lahan tersebut merupakan lahan masyarakat.

    "Beberapa hari lalu, titik hotspot juga ditemui di Kampung Sri Gemilang, tapi sudah berhasil dipadamkan," terang Syafrizal.

    Selain Sri Gemilang, Syafrizal mengatakan di Kampung Buantan Besar beberapa hari lalu juga mengalami kebakaran lahan, namun sudah berhasil dipadamkan oleh salah satu perusahaan di daerah tersebut.

    "Daerah Tasik Betung saat ini tim Manggala Agni yang turun, disana akses masuk tidak ada, kemudian sumber air juga tidak ada, maka digunakan Waterbombing untum pemadaman, namun sebetulnya di daerah tersebut sudah tidak terbakar, tetapi dilahan gambut ini kan bisa dipadamkan sepenuhnya kalau hujan turun," terangnya.

    Namun ia mengakui, saat ini di Siak masih dalamn tahap aman dan terkedndali jika dibandingkan dengan derah lain seperti di Rohil.

    "Samalamkan Siak sebagian mengalami hujan, mungkin faktor itu hari ini kabut asap terlihat di daerah kita," tutup Syafrizal. (LK/Gus_li)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Siak Mulai Diselimuti Kabut Asap
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar