Inhil Mulai Kembangkan Kencur

Daftar Isi

    Foto: Kadisbun Inhil melihat langsung Tanaman kencur yang di tanam petani di Desa Sungai Rawa, Kecamatan Batang Tuaku.

    LancangKuning.Com, INHIL - Kekayaan alam di Kabupaten Indragiri Hilir sangat melimpah. Selain terkenal dengan julukan hamparan kelapa dunia, ternyata di kabupaten ini juga menghasilkan pertanian lain.

    Diantaranya, sub sektor pertanian sagu, pinang, namun Kabupaten Indragiri Hilir juga memiliki potensi kekayaan alam tanaman obat yakni salah satunya kencur yang berada di Desa Sungai Rawa, Kecamatan Batang Tuaka, Parit 13.

    Kepala Dinas Perkebunan Drs Ediwan Sasby MM bersama Kabid Sarana Dan Prasarana (Sapras) Sarpras Disbun Inhil Ngadiyo SST MMA dan beberapa pendamping perkebunan menyempatkan diri mengunjungi kebun kencur milik warga beberapa waktu lalu.

    Desa yang bisa ditempuh menggunakan sepeda motor lebih kurang satu jam tiga puluh menit dari pusat kota Tembilahan ini memiliki tekstur tanah yang subur. Dari kesuburan tanah yang dihasilkan di desa ini, masyarakatnya mulai mengembangkan tanaman obat, salah satu bidang yang ditekuni yakni tanaman kencur.

    Di Desa Sungai Rawa Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir, Kepala Disbun bersama rombongan disambut Sekdes Sungai Rawa, dan di suguhi air kelapa muda.

    Selanjutnya kadis bersama rombongan menuju tempat, Arifin petani kelapa yang dua tahun ini membudidayakan lahan 15 Hektar tanaman kencur atau di sebut (kaempferia galanga) adalah salah satu jenis empon- empon.

    Eddiwan Syasby sangat mendukung upaya pemerintah desa dan petaninya memanfaatkan lahan sebagai komoditi di bidang pertanian yang sangat menjanjikan selain kelapa dan pinang.

    "Pengembangan komoditi perkebunan, salah satunya kencur menjadi unggulan bagi warga Desa Sungai Rawa. Untuk hal ini, Pemkab Inhil siap mendukung dan membimbing petani,'' ujarnya, mengutip RiauPotenza.

    Sementara, Sekdes Sungai Rawa  Ruslan menyambut baik atas kunjungi Kadisbun inhil ke wilayah kerjanya dalam rangka melihat langsung tanaman kencur milik warga. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Inhil Mulai Kembangkan Kencur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar