Segini Biaya Pengeluaran Bensin Skutik Yamaha Tiap Bulan

Daftar Isi

    Foto: Metode pengetesan konsumsi BBM dengan fuel to fuel

    LancangKuning.Com, Kudus - Motor-motor berteknologi Blue Core diklaim Yamaha lebih irit 50 persen dibanding motor karburator Yamaha model 2008. Terus berapa pengeluaran bensinnya tiap bulan?

    Dalam Blue Core Yamaha Motor Show yang diadakan Yamaha di Kudus, Jawa Tengah, motor Mio M3 125 cc dengan teknologi Blue Core sanggup mencatat angka konsumsi BBM sampai 62,5 km per liter.

    Menurut Service Advisor Yamaha Harpindo Jaya Kudus, Nursalim, dengan kisaran harga bensin mencapai Rp 8.000 per liter dan misalkan jarak sehari-hari yang ditempuh pengguna motor mencapai 35 km, maka setiap minggunya, pengguna motor mengeluarkan kocek Rp 22.400 seminggu atau sebulannya Rp 94.080.

    Dalam perhitungan sebelumnya, konsumsi BBM Mio M3 juga sempat mencapai angka 58,5 per liter saat motor dibawa melaju sampai kecepatan 80 km per jam. Dengan asumsi yang sama, jarak sehari-hari 35 km dan harga bensin Rp 8.000 per liter, maka setiap minggu pengguna motor Mio hanya mengeluarkan uang Rp 23.951, atau sebulannya Rp 100.593.

    "Jadi kalau mau irit memang harus eco riding ya dengan memperhatikan indikator ECO di motor. Indikator ECO ini akan menyala saat motor berada di kecepatan 20-60 km per jam," ujar Nursalim, melansir detik.

    Dalam Blue Core Yamaha Motor Show (BYMS) yang diadakan di Kota Kudus, Jawa Tengah, Sabtu-Minggu (29-30/6/2019), Yamaha meminta masyarakat menebak konsumsi motor Yamaha Mio M3 berkapasitas 125 cc.

    Penghitungan konsumsi BBM digunakan lewat alat Fuel Consumption Tester. Alat itu memiliki perhitungan jarak, kecepatan dan tabung berisi bahan bakar. Setiap akan dinyalakan, tabung bahan bakar selalu diisi penuh. Motor sendiri tidak jalan jadi diam di tempat dengan standar tengah dinaikkan. Untuk menghitung jarak ada sensor yang dipasang di roda belakang.

    "Ini metodenya fuel to fuel, jadi tangki motor dalam keadaan penuh, kemudian bahan bakar akan mengalir dari Fuel Consumption Tester, dan berapa bahan bakar yang terpakai akan bisa dihitung berapa mililiter," ujar Nursalim.

    Terus bagaimana dengan hasil tebakan warga Kudus? Rupanya tebakan mereka tak jauh meleset lho. Rata-rata mereka menebak antara angka 50,60, sampai 70 km per liter.

    Teknologi Blue Core sendiri diklaim Yamaha membuat motor 50 persen lebih irit dibandingkan dengan mesin Yamaha model 2008 yang masih yang menggunakan karburator.

    Blue Core membuat motor lebih bertenaga, minim gesekan, dan suhu mesin stabil. Blue Core diperkuat denganForged Piston & DiASil Cylinder. Kemudian ada fitur start stop yang otomatis membuat motor mati saat berhenti lebih dari 5 detik dan start atau menyala kembali saat tuas gas diputar. Ada juga indikator eco agar pengendara tahu seperti apacara mereka berkendara, apakah sudah irit atau belum. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Segini Biaya Pengeluaran Bensin Skutik Yamaha Tiap Bulan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar