Gejala dan Cara Mengobati Vertigo

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apakah kamu pernah mendengar mengenai istilah vertigo? Vertigo merupakan suatu kondisi dimana penderitanya akan merasakan pusing yang luar biasa seolah-olah tempat dia berada sedang berputar-putar. Rasa mual seakan ingin muntah akan dirasakan oleh penderitanya. Bagi orang yang mengalami vertigo, menjaga keseimbangan untuk berjalan sangatlah sulit.

    Penyakit ini bukanlah penyakit yang menakutkan dan tidak kronis. Siapa saja bisa terserang vertigo, terutama orang dewasa. Kalau anda mau tahu mengenai kondisi ini, coba putar-putar badan anda beberapa kali dan kemudian diam. Nah, disitu anda akan merasakan apa yang dirasakan oleh penderita vertigo.

    Penanganan vertigo berbeda penyakit lainnya. Tergantung seberapa parah efek dari vertigo ini. sangat berbahaya sekali jika anda mengalami vertigo ketika sedang berkendara. Untuk itu, periksalah terus menerus keadaan anda walaupun sedang dalam keadaan sehat. Karena penyakit dapat datang kapan saja, bahkan dalam keadaan fit.

    Gejala Vertigo

    Gejala umumnya, penderita vertigo akan merasakan pusing dibarengi dengan rasa kliyengan. Itu adalah gejala umumnya, ada lagi gejala lainnya yang akan anda rasakan ketika terkena vertigo. Berikut gejala-gejala yang akan anda rasakan.

    1. Mual
    2. Pusing
    3. Keringatan
    4. Penglihatan kabur
    5. Terganggunya pendengaran
    6. Badan yang terasa lemas
    7. Sulit berbicara
    8. Lambat dalam merespon sesuatu
    9. Setengah sadar
    10. Sulit berdiri, apalagi berjalan.

    Apabila anda mulai merasakan gejala ini, segera periksakan diri anda ke dokter untuk menghindari segala kemungkinan yang lebih buruk lagi.

    Cara Pengobatan Vertigo

    Ada banyak penyebab dari penyakit vertigo ini, maka dari itu ada banyak juga cara pengobatan yang bisa kamu lakukan. Tingkat keparahan yang anda rasakan juga menentukan cara pengobatan mana yang harus dilakukan. Berikut cara pengobatan vertigo :

    1. Vertigo dikarenakan Meniere

    Jika anda mengalami vertigo karena penyakit Meniere, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan :

    • Kurangi dalam mengonsumsi garam serta diuretic supaya jumlah cairan di dalam tubuh berkurang.
    • Coba untuk menghindari alcohol, cokelat, rokok dan kafein.
    • Untuk mengatasi gangguan keseimbangan, lakukan fiseoterapi
    • Lakukan akupuntur, namun belum dibuktikan ke efektivitasnnya secara ilmiah.
    1. Meminum jenis obat-obatan tertentu

    Untuk meredakan segala gejala yang terjadi akibat penyakit ini, anda bisa mengonsumsi obat yang dapat membantu mengurangi gejala-gejala tersebut. Obat-obat tersebut antara lain :

    • Lorezepam
    • Diphenhydramine
    • Meclizine
    • Dimenhydrinate
    • Promethazine

    Minumlah obat berdasarkan resep yang diberikan oleh dokter. Soalnya, dokter akan memberikan obat yang cocok untuk badan anda. Jangan coba-coba meminum obat diluar resep dokter jika anda memiliki alergi dengan jenis obat-obatan tertentu.

    1. Melakukan terapi

    Cara ini dilakukan jika anda sedang mengalami pusing akibat vertigo. Terapi ini akan membantu anda mengurangi efek yang ditimbulkan dari vertigo. Terapi yang bisa anda lakukan bisa berupa terapi fisik supaya sistem vestibular menjadi kuat. Peran dari sistem vertibular adalah menjaga keseimbangan, control tubuh dan juga koordinasi.

    1. Operasi

    Jika vertigo tersebut disebabkan oleh suatu penyakit yang berbahaya atau harus disingkirkan dari tubuh, lakukanlah operasi. Tentunya itu akan sangat disarankan oleh dokter. Tak hanya vertigo tersebut yang sembuh, namun anda juga terbebas dari penyakit penyebab dari vertigo  tersebut.

    Demikianlah yang dapat kami informasikan. Segeralah berobat jika anda mulai merasakan gejala dari vertigo ini, takutnya penyebab dari vertigo ini disebabkan oleh penyakit berbahaya. Jika anda sudah berobat namun penyakit ini masih ada, berobatlah lagi dan bicarakan pada dokter anda mengenai tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gejala dan Cara Mengobati Vertigo
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar