Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Setiap kita tamat sekolah menengah atas atau SMA, kita pasti akan berfikir “Apa yang akan saya lakukan?” pastinya banyak orang yang berfikir akan langsung berkerja, tetapi ada juga yang lebih memilih berkuliah dulu, karena setiap orang pasti berbeda-beda keinginannya. Di Indonesia juga banyak terdapat fakultas-fakultas terbaik, contohnya saja Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan masih banyak lagi. Berbicara tentang tempat kuliah, di setiap fakultas pasti memiliki jurusan dan akreditasi yang berbeda.

    Bagi anda yang ingin terjun ke dunia politik dan pemerintahan, anda bisa langsung masuk ke fakultas ilmu pemerintahan yang ada di Universitas Indonesia. Apa yang kita pelajari di fakultas ilmu pemerintahan?  Kita akan di ajarkan mengenai system politik dan pemerintahan yang ada di Indonesia, termasuk juga dengan peraturan dan hukum konstitusi yang ada di Indonesia. Jika kita sudah lulus saat berkuliah di ilmu Pemerintahan, maka banyak prospek kerja yang menanti anda. Berikut daftar prospek kerja bagi lulusan Ilmu Pemerintahan :

    1. Pengurus pemerintah pusat atau daerah

    Mendalami dunia dan seluk beluk pemerintahan setiap daerah, merupakan hal sehari-hari yang ditemui oleh mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan. Jadi tak heran jika lulusan-lulusannya memiliki ilmu yang tinggi untuk terjun langsung dalam dunia pemerintahan secara nyata.

    Menerapkan ilmu-ilmu dan teori yang mereka dapat saat berkuliah di fakultas ilmu pemerintahan, tentu saja merupakan hal yang sepadan bagi mereka yang lulusan ilmu pemerintahan yang bergelar S. IP. Menetapkan kebijakan pemerintah, mengatur jalannya pemerintahan dengan baik merupakan kerja dari lulusan ilmu Pemerintahan. Menjadi anggota atau aparat dari system pemerintahan mau itu kecamatan, kabupaten, kelurahan adalah salah satu prospek kerja yang paling tepat dan menjanjikan.

    1. Asisten Peneliti

    Saat kita menjalankan pemerintahan, tentu saja ada saja kendala yang akan kita hadapi, begitupun dengan fenomena-fenomena yang akan kita temui, Khususnya masyarakat yang menjadi sasaran inti dari system pemerintahan. Untuk membantu mengatasi hal seperti ini biasanya para ahli pemerintahan melakukan penelitian untuk mencegah satu persatu masalah yang mungkin dapat membantu memperbaiki kinerja pemerintahan yang berjalan.

    Karna cakupan pemerintahan yang cukup luas, yaitu mencakup kecamatan, kelurahan, kabupaten, provinsi, hingga Negara, maka penelitian dilakukan secara besar-besaran, hal ini dilakukan agar roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Tentu saja seorang ahli tidak mengerjakannya sendirian, dia tentu saja membutuhkan seorang asisten peneliti dalam melakukan penelitiannya. Dan biasa nya yang mengisi posisi tersebut adalah lulusan ilmu pemerintahan.

    1. Anggota Partai Politik

    Partai politik merupakan penggerak roda pemerintahan. Politik tentu saja memegang peranan besar bagi pemerintahan yang berjalan, wadah bagi siapa pun yang ingin menyalurkan aspirasinya, jika sesuai dengan visi dan misi nya merupakan wadah partai politik. Menjadi anggota partai politik tentu kita harus mengerti bagaimana pola pemerintahan yang ada di Indonesia. Mewujudkan visi dan misi melalui partai politik menjadi salah satu prospek kerja lulusan ilmu Pemerintahan.

    1. Staff DPR atau DPRD

    Anggota DPR dan DPRD tentu saja sangat butuh seseorang untuk menjadi staf pembantu untuk kelangsungan kantor dan kerja legislative. Karna yang mengurus DPRD dan DPR tidak hanya anggota yang menang pemilu saja.

    Itulah beberapa prospek kerja bagi anda yang lulusan Ilmu Pemerintahan. Siapa bilang lulusan Ilmu Pemerintahan susah mendapatkan pekerjaan? Tentu saja lulusan ini lebih menjanjikan hasilnya.(Adam)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar