Sekdaprov Riau Sebut IPM Inhil Masih Diposisi Aman

Daftar Isi

    Foto: Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi saat diwawancarai awak media di Gedung DPRD Inhil kemarin.

    LancangKuning.Com, INHIL -  Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi
    menyebutkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dinilai masih berada diposisi aman.

    "Artinya, posisi aman itu berada di tengah. Tidak tinggi dan tidak rendah tapi standar kedudukannya diantara Kabupaten yang ada di Provinsi Riau," ujar Ahmad usai menghadiri Milad Inhil ke-54 di Gedung DPRD, Sabtu (22/6/2019) kemari.  

    Dalam hal itu, Sekdaprov Riau meminta kepada Pemerintah Daerah terus bekerja lebih keras lagi dalam memajukan IPM di Inhil. Berbagai cara bisa dilakukan untuk meningkatkan IPM, salah satunya memacu kualitas pendidikan misalnya mengurangi angka anak putus sekolah.

    "Pendidikan merupakan faktor utama penentu kemajuan suatu daerah atau negara sekalipun. Maka dari itu, jika ingin Indeks IPM maju, harus memikirkan kualitas pendidikan," jelas Sekda.

    Namun kata Ahmad Hijazi, pendidikan juga harus sejalan dengan peluang kerja yang diciptakan. Menurutnya, jika kualitas pendidikan sudah bagus maka peluang kerja akan optimal (Tercipta). Intinya fokus dan cermat dalam mengambil suatu langkah serta kebijakan yang bakal dijalankan.

    Selain pendidikan, Indikator kemajuan IPM adalah kualitas kesehatan yang memadai. Hal ini bisa dilihat dari data kematian ibu dan bayi disuatu daerah tersebut.

    "Tarap hidup masyarakat juga harus diperhatikan pemerintah daerah. Sebab, tarap hidup juga menjadi bagian penting bagi pertumbuhan IPM dan ekonomi," tandasnya.

    Sementara itu, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir H Muhamad Wardan meyakini di tahun 2023 IPM  mencapai 70 persen.

    "IPM Inhil akan terus meningkat dari 66,51 persen pada tahun 2018 dan Insya Allah akan mencapai IPM 70 persen pada 2023," sebut Bupati HM Wardan saat rapat Paripurna Istimewa Milad Inhil di Gedung DPRD Inhil, (14/6) beberapa waktu lalu. (LKC)

    Laporan: Hariyadi

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sekdaprov Riau Sebut IPM Inhil Masih Diposisi Aman
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait