Manfaat Daun Jarak untuk Pengobatan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Negara Indonesia merupakan salah satu dari banyak negara yang kaya akan tanaman dengan berbagai jenis yang ada. Tanaman itu pun antara lain ada tanaman hias, buah buahan, sayur mayur, hingga tanaman yang dimanfaatkan untuk obat-obatan. Tanaman obat-obatan itu begitu populer dikalangan masyarakat karena bersifat alami dan tidak berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi dalam waktu jangka panjang, adapun kepopuleran lainnya yaitu harganya yang murah meriah. Salah satu dari tanaman obat tersebut adalah daun jarak.

    Tanaman daun jarak ini dikenal banyak orang karena mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit pada manusia. Bagian yang digunakan dari tanaman ini bagian daun, biji, dan buahnya. Kira-kira manfaat dari tanaman daun jarak ini apa ya? Langsung saja lihat jawabannya dibawah ini.

    1. Daun Jarak Pagar Untuk Mengatasi Susah BAB

    Jika kamu sedang digandrungi masalah BAB atau yang bisa kita sebut buang air besar, daun jarak ini bisa kamu manfaatkan untuk membantu mengatasinya. Kamu bisa memetik daunnya yang masih segar, cuci hingga bersih, kemudian kukus sampai matang. Setelah itu makanlah daun jarak tadi sebagai lalapan saat makan nanti.

    1. Daun Jarak Untuk Menurunkan Panas Bayi

    Anak bayi yang mengalami demam atau panas tinggi pasti akan membuat resah orang tuanya. Dengan usia yang masih kecil memang akan sangat rentan jika diberikan obat secara terus menerus. Oleh sebab itu, jika bayi mengalami panas karena demam, kamu bisa saja memanfaatkan daun jarak sebagai obat alami.

    Caranya pun cukup gampang yaitu siapkan 2 sampai 3 helai daun jarak pagar yang sudah dibersihkan. Kemudian oleskan minyak yang masih bersih, lalu panaskan daun jarak tadi diatas api selama 2 menit atau sampai panasnya merata di seluruh permukaan daun.

    Kemudian letakkan daun yang hangat tadi di bagian perut dan punggung bayi. Agar daun jarak tadi masih tetap di tubuh bayi, kamu bisa memasangkannya pada bedong, gurita bayi, atau selimut bayi.

    1. Daun Jarak untuk Menghilangkan Kurap

    Salah satu penyakit kulit yang cukup menyebalkan dan cukup umum dialami oleh sebagian besar manusia adalah kurap. Daun jarak ini bisa digunakan untuk menghilangkan kurap karena minyak yang dikandung daun ini memiliki senyawa aktif bernama asam undesilenat.

    Cara memanfaatkannya juga terbilang mudah, yaitu dengan mencuci bersih daun jarak terlebih dahulu, kemudian tinggal rendam di dalam minyak kelapa dalam selang waktu beberapa jam. Setelah itu panaskan minyak dan daun tersebut di dalam wadah seperti panci.

    Jika semuanya sudah siap, minyak daun jarak yang sudah dibuat tadi bisa dioleskan ke bagian permukaan kulit yang terkena kurap. Kemudian tutup bagian tersebut dengan menggunakan kain katun atau handuk kecil. Lalu biarkan selama semalaman. Lakukan secara berkala serta rutin hingga kurap itu hilang.

    1. Daun Jarak untuk Menghilangkan Sariawan

    Jika sariawan sudah mulai muncul, maka kegiatan makan dan berbicara didepan umum akan sangat mengganggu. Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan mengoleskan getah daun jarak pada bagian yang terkena sariawan. Untuk mengeluarkan getah dari daun jarak ini, kamu cukup meremas remas bagian daun dan batang sampai getah nya muncul, gunakan hanya secukupnya.

    1. Daun Jarak untuk Mengobati Rematik

    Penyakit rematik merupakan penyakit yang cukup mudah dijumpai oleh manusia. Penyakit ini ada karena otot atau persendian mengalami peradangan serta pembengkakan. Rematik ini bisa menyerang persendian tubuh bagian mana saja.

    Rasa yang ditimbulkan akan sangat menyakitkan dan menghalangi kita untuk beraktivitas seperti biasa. Jika kamu tidak meminum obat yang diberikan dokter dan bersedia untuk bersabar menunggu khasiat dari daun jarak ini, cobalah racik resepnya dibawah ini.

    Pertama ambillah 5 sampai 8 lembar daun jarak lalu tumbuk hingga halus diiringi sedikit air hangat. Setelah itu oleskan ramuan tadi pada bagian tubuh yang mengalami rematik. Lalu lakukan secara berkala.(Raihan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Daun Jarak untuk Pengobatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar