PSSI Setuju Liga 1 2019 Pakai VAR

Daftar Isi

    Foto: PSSI ingin Liga 1 2019 segera pakai Video Assistant Referee (VAR). (Foto: REUTERS)

    LancangKuning.Com, Jakarta - Komite Eksekuif PSSI memutuskan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 2019. PT Liga Indonesia Baru (LIB) dituntut bikin kajian dari sisi anggaran dan infrastruktur.

    Hal ini disepakati dalam rapat Komite Eksekutif PSSI yang berlangsung di Jakarta pada akhir pekan lalu. LIB akan segera mengkaji anggaran biaya VAR dan PSSI akan menyiapkan kajian yang terkait regulasi berdasarkan peraturan FIFA.

    "PSSI tentunya juga akan menyiapkan wasit-wasit terbaik yang nantinya bertugas di belakang layar dalam pengoperasian VAR," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

    VAR merupakan metode baru menjadi sorotan saat diimplementasikan FIFA pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Peran VAR berpengaruh besar dalam meminimalisir kesalahan wasit dalam ambil keputusan.

    Prancis adalah salah satu tim yang merasakan efek baik dari VAR. Mereka mendapat hadiah penalti di final melawan Kroasia setelah bola yang mengenai tangan Mario Mandzukic luput dari pandangan wasit. VAR membuat wasit menunjuk titik putih.

    Vietnam juga menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang bakal menggunakan VAR untuk putaran kedua V.League musim 2019. Ada dua opsi cara penggunaan VAR yang sedang dipertimbangkan Presiden Vietnam Professional Football (VPF), Tran Anh Tu.

    Opsi pertama adalah membangun pusat VAR di Hanoi karena kota ini punya fasilitas dan koneksi oke untuk menerima sinyal dari stadion. Namun, opsi ini dianggap terlalu mahal karena harganya bisa mencapai 644.000 hingga 688.000 dolar Amerika setahun dan tidak mudah menerima sinyal dari stadion yang terletak di tempat yang jauh seperti di Pleiku.

    Pilihan kedua adalah melengkapi mobil van dengan semua peralatan VAR untuk pergi ke stadion. Setiap van akan menelan biaya sekitar 258.000 dolar Amerika atau setara Rp 3,6 miliar.

    Jika penggunaan VAR bisa segera terealisasi di Liga 1 2019, tentu akan menjadi keuntungan besar. Baru-baru ini wasit di laga PSS Sleman vs Semen Padang bikin kesalahan fatal.

    Wasit Armyn Dwi Sryathin memberi hadiah penalti ke PSS. Jika melihat dari tayangan ulang, penalti tersebut masih bisa diperdebatkan karena minim kontak. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel PSSI Setuju Liga 1 2019 Pakai VAR
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar