Prospek Kerja Teknik Industri dan Gaji yang Diterima

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Menurut Institute of Industrial and System Engineers (IISE), definisi teknik industri ialah fokus pada rancang desain, perbaikan bahkan pembuatan sistem yang mengintegrasikan manusia, informasi, peralatan, material, dan energi.

    Cabang konsentrasi jurusan teknik industri

    Jurusan Industri Tidak seperti  jurusan Manajemen yang bahkan dimiliki oleh semua universitas, Program Studi Teknik Industri tidak semua dimiliki oleh semua universitas. Akan tetapi dapat kita disimpulkan bahwa kalau teknik industri terbagi menjadi beberapa konsentrasi ilmu:

    1. Manajemen Industri

    Di konsentrasi Manajemen Industri, bahwa mahasiswa lebih banyak mempelajari ilmu manajemen yang dimanfaatkan oleh sumber daya manusia sebagai keunggulan utama dari Manajemen Industri. Beberapa mata kuliah yang dipelajari oleh konsentrasi Manajemen Industri adalah, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen pemasaran.

    2. Sistem Industri dan Tekno Ekonomi

    Kurikulum di konsentrasi Sistem Industri dan Tekno Ekonomi ini lebih mengarah  kepada peningkatan, keunggulan dari sebuah sistem industri. Mahasiswa di konsentrasi Sistem Industri dan Tekno Ekonomi ini akan belajar mata kuliah seperti: sistem basis data, sistem logistik, statistika industri dan riset operasi.

    3. Sistem Manufaktur

    Sama dengan Sistem Industri, konsentrasi ini mengajarkan mahasiswa membuat sebuah sistem yang lebih efektif, efisien dan meningkatkan produktivitas dari sistem tersebut. Di konsentrasi ini, mahasiswa akan menjumpai beberapa mata kuliah seperti: perancangan tata letak pabrik, sistem produksi, ergonomi maupun perancangan dan pengendalian produksi.

    4. Ergonomi

    Jika konsentrasi yang lain mereka mempelajari hal yang umum di dalam sebuah sistem, konsentrasi Ergonomi belajar tentang hal spesifik, contohnya jalan kerja seseorang di dalam suatu pabrik atau desain tempat mereka bekerja yang paling efisien bagi pekerja.

    Prospek kerja teknik industri di perusahaan

    Dengan kecukupan ilmu yang luas, seorang lulusan teknik industri bisa bekerja di posisi manajemen di semua bidang, seperti perbankan, otomotif, pertambangan, layanan kesehatan bahkan juga bisa periklanan.

    Berikut adalah profesi yang biasa dikerjakan sari lulusan Teknik Industri

    1. Pertambangan dan penggalian
    2. Industri pengolahan
    3. Informasi dan komunikasi
    4. Jasa keuangan dan asuransi
    5. Jasa profesional, ilmiah dan teknis

    Berikut ini adalah prospek kerja dari lulusan jurusan teknik industri dan rata-rata gajinya

    1. Cost Control Engineer

    Secara luas, tugas dari profesi ini adalah menciptakan kalkulasi biaya, waktu dan tenaga yang digunakan untuk menjalankan sebuah produksi. Dari pengalaman bekerja selama 5 tahun, digaji paling sedikit Rp15.000.000 per bulan.

    2. Engineering Manager

    Sesuai dengan namanya, profesi ini memiliki tugas untuk menciptakan rencana kerja dan mengatur sumber daya yang dibutuhkan para insinyur dalam menjalankan sebuah proyek kerja. Profesi ini apabila dengan pengalaman kerja selama 10 tahun, rata-rata akan mendapat gaji sebanyak Rp35.000.000 per bulan.

    3. Health Safety Environment Engineer

    Profesi ini bertugas dalam menganalisa lokasi dan prosedur kerja dalam dampak keselamatan dan kesehatan kepada pekerja. Gaji dari profesi ini akan mendapat gaji Rp10.000.000 per bulan bagi yang berpengalaman kerja 5 tahun.

    4. Logistics Specialist

    Profesi ini bertugas dalam menganalisa dan mengontrol rantai pasokan produksi, mulai dari tibanya bahan baku atau bahan pokok hingga distribusi ke konsumen. Dengan pengalaman kerja selama 2 tahun, profesi ini akan mendapatkan gaji sebanyak Rp 7.500.000 per bulan.

    5. Project Manager

    Sama dengan engineer manager, namun bedanya dalam tanggung jawab project manager lebih besar dikarenakan tidak hanya mengontrol para insinyur, tetapi juga mengontrol seluruh tim. Jika memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun, gaji dari profesi ini mencapai Rp 35.000.000 per bulan.

    6. Project Management Analyst

    Sama dengan project manager, tugas dari profesi ini adalah menganalisa untuk mengetahui cara menciptakan proses dari sebuah produksi bertambah efisien. Profesi ini memiliki gaji Rp 17.000.000 per bulan jika memiliki pengalaman selama 3 tahun.

    7. Quality Control Engineer

    Profesi dari quality control engineer akan diletakkan di akhir proses produksi. Karena tugasnya hanya memastikan produk akhir telah memenuhi standar kualitas yang diharapkan. Profesi ini memiliki gaji sebanyak  Rp 10.000.000 per bulan jika memiliki pengalaman bekerja selama 5 tahun.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Teknik Industri dan Gaji yang Diterima
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar